Tim Terpadu Babel Sidak Keamanan Pangan Jelang Ramadan

Tim Terpadu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelang Bulan Suci Ramadan, Selasa (15/5/2018) melakukan sidak di sekitar Sungailiat

Tim Terpadu Babel Sidak Keamanan Pangan Jelang Ramadan
Bangka Pos / Nurhayati
Tim Terpadu Babel saat melakukam sidak bahan pangan, Selasa (15/5/2018) di Puncak Swalayan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Tim Terpadu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelang Bulan Suci Ramadan, Selasa (15/5/2018) melakukan sidak di sekitar Sungailiat.

Tim gabungan tersebut berasal dari Dinas Pangan, Dinas Perindusrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Satpol PP, Polda Babel dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang didampingi Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka dan Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Sungailiat.

Mereka melakukan pengawasan bahan pangan di Puncak Swalayan, Pasar Kite dan Toko Crisco.

Menurut Ketua Tim Terpadu Babel Pairus, sidak dilakukan untuk menjaga keamanan pangan konsumsi masyarakat menjelang bulan puasa ini.

"Kabupaten Bangka ini yang ketiga sementara ini ada tiga yang kami anggap perlu diawasi Puncak Swalayan, Pasar Kite dan Crisco," jelas Pairus kepada bangkapos.com usai melakukam pengawasan bahan pangan di Toko Crisco.

Diakuinya dari hasil pengawasan tersebut ada beberapa temuan diantaranya pangan antara lain pangan telah habis masa kadalursanya atau expired, tidak ada label harga hingga buah-buahan yang telah busuk.

Ia menegaskan jika pada tanggal 1 Ramadan nanti tetap tidak ada perubahan yang telah mereka peringatkan maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas.

"Apabila Nanti pada tanggal 1 Ramadan tidak ada perubahan tidak memenuhi apa yang kami peringatkan ini akan ditindak langsung oleh pihak Polda Babel selaku penyidik," tegas Pairus.

Dia menyatakan pada tahun ini pihaknya tidak lagi memberikan peringatan tetapi jika ada temuan maka akan langsung ditindaklanjuti oleh pihak Polda Babel bersama dengan Polres masing-masing kabupaten/kota.

Dikatakannya masyarakat harus aman dalam mengkonsumsi bahan pangan.

"Kami coba memperingatkan dari sekarang jika ditemukan pada tanggal 1 Ramadan sampai dengan Idul Fitri nanti ada pelaku usaha yang bermain kami langsung saja kita punya polda, polres, penyidik PPNS silahkan datang berurusan kepada mereka. Kita ingin menjaga di Bangka Belitung ini aman konsumsi dan masyarakat menikmati bulan puasa ini dengan tenang," jelas Pairus.

Diakuinya dari pengawasan mereka menjelang bulan puasa ini ada satu yang sudah ditindak oleh Polda Babel. Namun untuk lebih jelasnya menurutnya ada di instansi masing-masing yang mengawasi keamanan pangan.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help