KNPI Dorong Pemerintah Gunakan Tenaga Listrik untuk Lampu Penerangan Jalan

KNPI Kota Pangkalpinang mendorong pemerintah agar penerangan lampu jalan mengunakan listrik dibandingkan mengunakan tenaga surya atau solar cell.

KNPI Dorong Pemerintah Gunakan Tenaga Listrik untuk Lampu Penerangan Jalan
Ist
Wakil Ketua KNPI Kota Pangkalpinang, Hendra Jive 

Laporan wartawan Bangka Pos, zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Pangkalpinang mendorong pemerintah agar penerangan lampu jalan menggunakan listrik dibandingkan mengunakan tenaga surya atau solar cell.

Wakil Ketua KNPI Kota Pangkalpinang, Hendra Jive kepada bangkapos.com, Rabu (16/05/2018) mengatakan langkah mendorong pemerintah agar pengunaan lampu jalan lebih baik mengunakan listrik karena dinilai lebih efisien dan murah dibandingkan pengunaan tenaga surya atau solar cell.

" Kita ketahui sekarang ini pasokan listrik di Babel sudah surplus, ini perlu kita apresiasi. Nah dengan surplus kami berpikir kenapa lampu penerangan jalan tidak diperbanyak dan mengunakan listrik saja, karena lebih efisien dan murah," ujarnya.

" Kenapa lebih efiesien dan murah?, karena untuk satu lampu jalan kita estimasikan sekitar Rp 3 juta biaya pemasangan. Sedangkan kalau mengunakan lampu tenaga surya atau solar cell biayanya bisa mencapai Rp 30-35 juta, belum biaya perawatan. Kita lihat banyak tidak berfungsi bahkan banyak yang dicuri. Jadi kita berpikir kenapa tidak mengunakan tenaga listrik saja cukup dipasang di tiang listrik itu sendiri," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya Penerangan lampu jalan mengunakan listrik pencahayaannya lebih terang dibandingkan mengunakan Tenaga surya. Kalau lampu jalan mengunakan listrik pedaran cahayanya lebih kuning dan pekat, sedangkan tenaga surya jarak pedar cahaya lebih kecil.

Kedepan lanjut, Hendra wacana ini rencana akan mereka sampaikan ke pihak pemerintah baik itu pemerintah Kota Pangkalpinang dan lainnya.

" Faktanya sekarang banyak lampu jalan yang sama sekali tidak berfungsi. Kami yakin apabila ini bisa terealisasi, maka jalan pertigaan, taman tempat wisata juga bisa dipasang lampu jalan. Kita juga akan audiensi langsung ke pemerintah," ucapnya.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help