Sehari Bisa Habis 100 Butir, Segarnya Bisnis Kelapa Muda Selama Ramadan

Budi berharap usahanya laku keras pada ramadan kali ini. "Kalau tahun lalu kurang, selain hujan, juga

Sehari Bisa Habis 100 Butir, Segarnya Bisnis Kelapa Muda Selama Ramadan
BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN
Ratusan kelapa muda baru didatangkan dari Belinyu ke kios pedagang di ruas Jalan Mentok Pangkalpinang, Rabu (16/5/2018). Pedagang berharap dagangan es kelapa muda mereka laku keras selama Ramadan 1439 H ini. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Dari sekian banyak macam jajanan buka puasa, es kelapa muda mejadi satu di antara jajanan yang banyak diburu warga.

Pantauan Bangka Pos Rabu (16/5/2018), sedikitnya ada lebih dari tujuh titik jualan es kelapa muda di sepanjang ruas Jalan Mentok, Pangkalpinang.

Beberapa di antaranya diketahui baru buka jelang ramadan, yang lainnya telah berjualan lebih dari tiga tahun. Satu di antara pedagang di sepanjang Jalan Mentok adalah Budi (39).

Ratusan kelapa muda bertumpuk-tumpuk di kiosnya. Jelang awal ramadan ini, ia baru saja dipasok 300 butir kelapa muda dari Belinyu.

Budi berharap usahanya laku keras pada ramadan kali ini. "Kalau tahun lalu kurang, selain hujan, juga sudah banyak saingan. Es kelapa laku kalau musim panas," katanya.

Sebagai gambaran, Budi menjual satu butir kelapa muda seharga Rp 12 ribu, jika dicampur es dan susu, harganya dipatok Rp 15 ribu. Keuntungannya per butir bisa mencapai Rp 3 ribu.

Dalam sehari saat puasa, Budi mengaku bisa menghabiskan 100 butir kelapa. Budi memang bukan pedagang musiman sebab telah empat tahun belakangan ini berjualan es kelapa muda.

"Insha Allah laku banyak kalau panas-panas. Untung sedikit-sedikit," katanya.

Kelapa muda yang dijual di Pangkalpinang diketahui berasal dari sejumlah wilayah pesisir di Pulau Bangka.

Menurut sepengetahuan Ega (29), pedagang lainnya, kelapa didatangkan dari sejumlah daerah seperti Pantai Rebo, Tempilang, Kurau, Air Itam, dan Penyak.

Karena tahu "segarnya" bisnis ini saat ramadan, Ega akhirnya mencoba menjajal jualan kelapa muda pada ramadan kali ini.

"Ku baru pertama kali jual es kelapa ni. Mudah-mudahan cuaca panas, jadi laris dagangan. Dengar-dengar dari kawan kemarin, omzet kelapa ini besar," ujar warga Kelurahan Keramat ini. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help