Dipicu oleh Kerusuhan di Mako Brimob, Ini Rentetan Peristiwa Teror 10 Hari Terakhir

Sudah hampir 10 hari berselang sejak kerusuhan terjadi di rumah tahanan Mako Brimob, Kelapadua, Depok, Selasa (8/5/2018).

Dipicu oleh Kerusuhan di Mako Brimob, Ini Rentetan Peristiwa Teror 10 Hari Terakhir
Kolase
Tragedi bom Surabaya 

BANGKAPOS.COM - Sudah hampir 10 hari berselang sejak kerusuhan terjadi di rumah tahanan Mako Brimob, Kelapadua, Depok, Selasa (8/5/2018).

Rentetan peristiwa lainnya kemudian bermunculan sebagai efek dari bentrokan antara narapidana kasus terorisme dengan anggota Polisi yang berjaga tersebut.

Mulai dari penangkapan para teroris atau terduga teroris hingga penyerangan dan aksi bom bunuh diri di beberapa wilayah di Indonesia.

Hingga pada akhirnya presiden Jokowi menyetujui diaktifkannya kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopsusgab) TNI, pada Rabu (16/5/2018).

Jika dibuat menjadi lini masa, berikut ini urutan peristiwa-peristiwa yang terjadi sejak kerusuhan di Mako Brimob hingga diaktifkannya kembali Koopsusgab TNI.

Baca: KemenPAN RB Resmi Rilis Jadwal Rekrutmen dan Seleksi CPNS 2018, Simak Ya!

8 Mei 2018: Terjadi kerusuhan di Mako Brimob, Kelapadua, Depok. Beberapa blok bangunan dikuasai para teroris.

Suasana rumah tahanan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Jakarta, Kamis (10/5/2018) setelah berhasil dikuasai kembali oleh Polri. Sebanyak 155 tahanan terorisme akhirnya menyerah tanpa syarat ke pihak aparat kepolisian setelah kerusuhan selama kurang lebih 36 jam.
Suasana rumah tahanan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Jakarta, Kamis (10/5/2018) setelah berhasil dikuasai kembali oleh Polri. Sebanyak 155 tahanan terorisme akhirnya menyerah tanpa syarat ke pihak aparat kepolisian setelah kerusuhan selama kurang lebih 36 jam. (Dok Polri)

10 Mei 2018: Mako Brimob kembali dikuasai Polisi, seluruh narapidana teroris menyerah tanpa syarat kepada Polisi.

11 Mei 2018: Bripka Marhum Prencje ditikam saat menginterogasi orang tak dikenal di Kawasan Mako Brimob.

12 Mei 2018: Dua wanita yang diduga akan menyerang atau melakukan aksi amaliah terhadap anggota Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, diamankan anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri

Kumpulan Bom Bunuh Diri
Kumpulan Bom Bunuh Diri (Kolase)

13 Mei 2018: Serangan bom bunuh diri terjadi di tiga gereja di Surabaya, yaitu Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS),Gereja Kristen Indonesia (GKI), dan Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela. Sampai berita ini diturunkan, ada 18 orang menjadi korban dari peristiwa tersebut.

Halaman
12
Editor: Evan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help