Kawasan Tanpa Rokok Harus Komitmen Dari Segala Pihak

Tempat yang merupakan kawasan tanpa rokok yakni pada Fasilitas kesehatan, sekolah, tempat ibadah, maupun kantor-kantor

Kawasan Tanpa Rokok Harus Komitmen Dari Segala Pihak
Bangkapos/Ira Kurniati
Seminar kesehatan memperingati hari hipertensi dan hari tanpa tembakau sedunia di Bangka city hotel, Kamis (17/5/2018). 

Laporan wartawan Bangkapos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kasubdit Penyakit paru kronik dan gangguan imunologi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Theresia Sandra Diah Ratih mengatakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Bangka Belitung harus diperluas dan segala pihak harus berkomitmen mewujudkannya.

Pasalnya saat ini implementasi KTR tersebut masih belum terlaksana dengan baik.

Tempat yang merupakan kawasan tanpa rokok yakni pada Fasilitas kesehatan, sekolah, tempat ibadah, maupun kantor-kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Kawasan tanpa rokok itu juga sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Karena 7 dari 10 perokok itu rata-rata laki-laki. Pengentasan rokok ini pada anak-anak karena kalau sasarannya orangtua sudah sulit. Mereka sudah adiksi atau ketagihan dengan zat pada rokok itu." jelas Sandra pada seminar kesehatan di Bangka city hotel, Kamis (17/5/2018). 

Ia menambahkan, pentingnya kawasan tersebut sebagai perlindungan Hak asasi manusia untuk mendapatkan udara dan lingkungan yang bersih.

Kemudian agar asap tidak berhembus dan menempel kemanapun. Sebab yang bisa dilarang adalah perokok nya. 

"KTR tinggal komitmen saja. Dukungan juga dari pimpinan dan segala pihak. Karena merokok dapat menjadi role model bagi anak yang melihatnya." pungkasnya. 

Lebih lanjut, menurutnya daerah yang sudah menerapkan kawasan tanpa rokok di Indonesia sejak tahun 2000 adalah daerah Bone-bone, Enrekang, Sulawesi selatan.

Ia berharap KTR di bangka belitung dapat leboh diperluas, mengingat sasaran yang utama dikhususkan Kemenkes yakni di sekolah-sekolah.(*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved