Kembalikan Energi Konsumsi Makanan Berglukosa Tinggi Saat Berbuka

"Prinsipnya itu gizi seimbang dalam segi kualitas dan kuantitas, dan beragam. Selama kita berpuasa sekitar 14 jam

Kembalikan Energi Konsumsi Makanan Berglukosa Tinggi Saat Berbuka
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Ahli Gizi, Periani Manik. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Berpuasa tidak berarti membuat nutrisi tubuh tidak tercukupi. Saat puasa kita harus mengontrol asupan gizi sehingga tetap beraktivitas dan menjaga kesehatan tubuh.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih makanan saat puasa, selama perut kosong kurang lebih 12 jam tentunya saat berbuka tidak boleh langsung diasup makanan yang kurang dianjurkan.

Kepala Dapur Tata Boga RSBT Pangkalpinang, Periani Manik menyebutkan nutrisi yang harus diasup saat berbuka ialah yang mengandung glukosa tinggi untuk mengembalikan energi selama kita berpuasa.

"Prinsipnya itu gizi seimbang dalam segi kualitas dan kuantitas, dan beragam. Selama kita berpuasa sekitar 14 jam, membuat kadar gula kita rendah, 80 persen nutrisi otak kita glukosa dan ini harus segera dikembalikan saat berbuka," kata Periani.

Beberapa makanan yang mengandung glukosa tinggi bisa didapatkan dari makanan manis seperti kurma, kolak, kue.

"Banyak sajian yang bisa menjadi alternatif, seperti kurma tiga biji itu sudah bisa mengembalikan energi, kolak, teh manis dan banyak makanan yang lainnya. Tapi jangan terlalu berlebihan juga," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help