Ketua Dewan Pers Imbau Agar Media Lebih Cermat Dalam Memberitakan Terorisme

"Pesan-pesan yang disampaikan oleh media ini secara terus-menerus menimbulkan efek ketakutan untuk para

Ketua Dewan Pers Imbau Agar Media Lebih Cermat Dalam Memberitakan Terorisme
Bangkapos/Yudha Palistian
Ketua Dewan Pers, Yosef Adi Prasetyo . 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Dewan Pers, Yosef Adi Prasetyo mengungkapkan agar media lebih cermat dalam memberitakan tentang terorisme.

"Terorisme adalah musuh kemanusiaan yang sama sekali tidak memandang kasta, pers sangat berperan penting dalam memerangi terorisme,",ujarnya kepada Bangkapos, Kamis (17/5/2018).

Yosef juga menambahkan bahwa tidak hanya para anggota penegak hukum seperti kepolisian, densus 88, serta TNI yang berperan melainkan kebijakan dan pemberitaan dari media pers juga sangat dibutuhkan.

"Pesan-pesan yang disampaikan oleh media ini secara terus-menerus menimbulkan efek ketakutan untuk para pembaca sehingga menimbulkan nuansa mencekam untuk negeri ini," tambahnya.

Oleh karena itu, Dewan Pers mengesahkan Peraturan Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pedoman Peliputan Terorisme. Peraturan ini berlaku sejak ditandatangani oleh Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, 9 April lalu. Seluruh pers nasional diminta untuk mempedomani peraturan ini ketika meliput peristiwa terorisme.

"Penyusunan Pedoman ini didasari pada pentingnya pers berpegang pada etika dan hukum saat meliput terorisme yang disebut sebagai kejahatan luar biasa (extraordinary crime). Tujuannya semata-mata untuk kepentingan publik," tutupnya.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved