LPP RRI Kembali Gelar PTQ di Bulan Suci Ramadan

Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Sungailiat mengelar Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tahun 2018

LPP RRI Kembali Gelar PTQ di Bulan Suci Ramadan
Bangka Pos / Nurhayati
Kepala LPP RRI Sungailiat Harianto saat menyampaikan sambutan pada Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tahun 2018 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (17/5/2018) di LPP RRI Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Lembaga Penyiaran Publik  (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Sungailiat mengelar Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tahun 2018 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (17/5/2018) di LPP RRI Sungailiat.

Kepala LPP RRI Sungailiat Harianto mengatakan PTQ ini diselenggarakan setiap bulan puasa 

"Pencetus atau pengagas adanya MTQ ini Bapak M Sani, almarhum. Pertama sekali dilaksanakan diselenggakan pada tahun 1968. Dulu namanya masih Musabaqoh Tilawatil Qur'an melibatkan departemen agama, departemen agama karena core bisnisnya disana maka tetap melanjutkan," jelas Harianto.

Namun MTQ tidak diselenggarakan pada bulan puasa karena disesuaikan dengan agenda internasional. Sedangkan RRI karena semangatnya untuk mensyiarkan Islam di Bulan Ramadan maka tetap diselenggarakan berganti nama menjadi Pekan Tilawatil Qur'an pada tahun 1970.

Menurutnya, pada tahun 2010 sudah mulai dilaksanakan PTQ tingkat nasional tidak hanya di Jalarta tetapi juga ke daerah-daerah.

Bahkan di Ambon juga menyelenggarakan melaksanakan PTQ.

Pada tahun 2018 ini, PTQ tingkat nasional akan diadakan di Jawa Timur, daerah Sumenep Madura, diselenggarakan di Masjid Jamik yang dibangun pada abad ke 18 memiliki banyak situs sejarah.

Untuk PTQ tingkat nasional ini, Babel melalui LPP RRI Sungailiat akan mewakili korwil 14 Sumatera yang tergabung dengan Palembang, Bengkulu, Lampung dan Jambi.

"Potensi mana yang terbaik, tetapi kalau ada rekomendasi bapak ibu, Sungailiat juga tidak kalah juga potensinya," ungkap Harianto.

Menurutnya lima qori dan qoriah hasil PTQ RRI Sungailiat terbaik maka akan direkam untuk dijadikan dokumentasi dan akan disiarkan pada acara Hikmah Fajar sehingga bisa terpublikasi.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help