Desa Ibul Budidayakan Jamur dan Ikan Tawar

Masyarakat Desa Ibul memiliki etos kerja yang tinggi, sehingga tidak heran mayoritas warganya bermata pencaharian petani.

Desa Ibul Budidayakan Jamur dan Ikan Tawar
Istimewa
Perangkat Desa Ibul 

BANGKA POS - Masyarakat Desa Ibul Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat memiliki etos kerja yang tinggi, sehingga tidak heran mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai petani.

Ada yang unik dari desa ini saat menguliknya, yakni jamur janjang sawit dan ikan air tawar dengan mudah dijumpai di pinggir-pinggir jalan rumah warga.

Desa yang berbatasan de­ngan Kecamatan Simpang Teritip dan Kelapa ini juga menyimpan tradisi yang sudah turun-temurun dilaksanakan yakni sedekah kampung selama tiga hari.

Selain itu tradisi warga yang pandai memanfaatkan barang-barang sisa pakai dan ketekunannya menjadikan mereka sebagai pembuat alat-alat tradisional siap pakai.

Kades Ibul, Abim Mustiadi mengatakan, hasil pertanian dan perkebunan di wilayah­nya berupa sawit, karet, lada dan juga sayur mayur.

“Hingga saat ini ma­yoritas masyarakat masih bergantung dengan hasil perkebunan dan pertanian,” ungkapnya.

Di desa ini juga terdapat sungai dan hutan yang masih alami, sehingga dengan mudah dijumpai ikan-ikan air tawar.

Pada musim tertentu atau mendekati kemarau biasanya ikan-ikan air tawar mudah ditemui karena warga menjualnya untuk umum.

Rencananya perikanan air tawar termasuk kepiting akan dikembangkan di desa ini.

Tujuannya agar bisa menjadi satu diantara pemasukan dan objek wisata di desa.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved