KPU Mulai Proses Penyusunan DPS Pileg 2019

Panitia Pemungutan Suara (PPS) KPU Kabupaten Belitung sudah melakukan proses penyusunan Data PemiLih Sementara (DPS) untuk pilpres 2019

KPU Mulai Proses Penyusunan DPS Pileg 2019
Bangka Pos / Dede Suhendar
Komisioner KPU Kabupaten Belitung, Divisi Data, Rezeki Aris Munazar 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Berdasarkan tahapan dan jadwal Pemilihan Legeslatif (Pileg) dan Pilpres 2019, Panitia Pemungutan Suara (PPS) KPU Kabupaten Belitung sudah melakukan proses penyusunan Data Pemiih Sementara (DPS).

Menurut Divisi Data KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar dasar penyusunan DPS yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2018 ditambah pemilih pemula.

"Dalam penyusunan DPS ini anggota PPS ini akan memecah TPS. Karena berdasarkan Peraturan KPU RI Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Penyusunan DPS, setiap TPS ini terdapat maksimal 300 pemilih jadi berbeda dengan Pilkada yang berjumlah 400 pemilih per TPS," ujar Aris kepada posbelitung.co, Jumat (17/5/2018).

Aris menambahkan proses penyusunan DPS ditingkat PPS sudah dimulai semenjak Kamis (17/5/2018) kemarin.

Ia menjelaskan terdapat perbedaan proses penyusunan DPS antara KPU kabupaten kota yang melakukan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2018.

Bagi KPU kabupaten kota yang melaksanakan Pilkada serentak 2018, tidak lagi melakukan proses pencocokan dan penilitian (Coklit) data pemilih.

Sebab, proses tersebut sudah selesai dilakukan ketika proses penetapan DPT Pilkada.

Meskipun demikian, kata dia, untuk proses penyusunan DPS berlaku sama bagi seluruh KPU kabupaten kota.

"Jadi yang melakukan coklit serentak dan pantarlih itu hanya kabupaten kota yang tidak melaksanakan Pilkada. Di Babel ini yang melakukan coklit serentak itu hanya empat yaitu Beltim, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Bangka Tengah," jelasnya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved