Polisi Angkut 72 Tas Berisi Uang dan Perhiasan Serta Ratusan Tas Mewah dari Kondo Istri Najib

Polisi Angkut 72 Tas Berisi Uang dan Perhiasan Serta Ratusan Tas Mewah dari Kondo Istri Najib

Polisi Angkut 72 Tas Berisi Uang dan Perhiasan Serta Ratusan Tas Mewah dari Kondo Istri Najib
malaysiakini.com
Sejumlah tas mewah yang dibawa polisi dari kondominium milik Rosmah Mansor, istri Najib Razak 

BANGKAPOS.COM, KUALA LUMPUR - Kepolisian Malaysia terus mencari bukti-bukti korupsi dari sejumlah properti milik keluarga mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Setelah membawa dua truk barang-barang dari kediaman keluarga Najib, giliran kondominium mewah milik Najib dan istrinya, Rosmah Mansor yang digeledah.

Hasilnya, polisi menyita 72 kantong berisi uang tunai, 284 kotak berisi tas, jam tangan, perhiasan serta ratusan tas branded.

//

Kepala Badan Tindak Pidana Polisi Diraja Malaysia, Datuk Seri Amar Singh Ishar Singh, yang memimpin penggeledahan mengatakan, penggeledahan tersebut merupakan bagian dari penyelidikan skandal 1MDB.

Polisi memeriksa setidaknya enam lokasi, terdiri dari rumah, konfominioum serta kantor Perdana Menteri yang belum ditempati oleh penggantinya, Mahathir Mohamad.

 

//

Di kediaman Najib di Taman Duta, Rabu malam hingga Kamis dinihari, polisi juga membawa dua truk barang.

Kendati tidak diketahui pasti isinya, namun para wartawan yang menyaksikan penggeledahan itu melihat ada ratusan tas mewah dalam kotak asli, seperti Hermes, Gucci dan lainnya.

Polisi juga menemukan brankas, namun butuh seharian untuk membongkar brankas tersebut.

Pihak Najib mengatakan bahwa penggeledahan itu adalah pelecehan bagi keluarganya karena dilakukan pada malam pertama Ramadan.

Namun polisi mengatakan, mereka tidak berniat melecehkan siapa pun. 

“Motif kami adalah untuk tidak melecehkan siapa pun, tetapi pencarian memang akan memakan waktu tertentu,” kata direktur kejahatan komersial Bukit Aman Amar Singh Ishar Singh.

Dilansir dari thecoverage.my, penggeledahan dan penyitaan kekayaan Najib dan istrinya ini jauh lebih besar dibandingkan penyerbuan kediaman Presiden Filipina Ferdinand Marcos tahun 1986.

Polisi menyita sekitar 2.700 pasang sepatu mewah milik Imelda Marcos dengan nilai setidaknya setengah juta dolar AS.

Namun, dua hari penggeledahan kediaman keluarga Najib, temuan akan jauh lebih besar lagi.

Dari catatan media, setidaknya ada lima van yang fipenuhi oleh uang tunai dan perhiasan dari paviliun di KL Sentral. 

Wartawan, meskipun tidak bisa mendekat, dengan telaten dan kompak bisa menghitung 72 kantong uang tunai dan permata serta 284 kantong tas Hermes warna oranye.

malaysiakini.com
malaysiakini.com

Begitu juga sejumlah koleksi Birkin Bag yang harganya sekitar seperempat juta dolar. 

Perburuan miliaran dolar yang hilang akan dengan jelas memang tidak akan mudah oleh polisi karena tersebar di berbagai negara dan menuntut jejak forensik.

Tidak hanya dari keluarga Najib tetapi juga kroni mereka yang dilaporkan mengekspor sejumlah besar uang tunai menjelang Pemilu Malaysia, Rabu pekan lalu.

Sejumlah negara menyatakan siap bekerja sama dalam mengungkap dugaan pencucian uang kroni Najib Razak dalam bentuk properti mewah, simpanan, surat berharga hingga benda-benda mewah lainnya, seperti kapal pesiar dan lukisan.

malaysiakini
malaysiakini

Berbagai skandal keuangan yang selama ini tak terungkap, satu per satu mulai dibuka media sejak Najib Razak terjungkal dari kursi kepemimpinannya.

Bahkan, media pemerintah Straits Times mulai berani mengungkapkan lingkaran kroni Najib.

Tidak hanya skandal korupsi dan suap atas sejumlajh kontrak dan proyek, media juga menguliti Najib dengan berbagai skandal seks, seperti Altantuya Shaariibuu yang dibunuh tahun 2006 lalu.

Pengakuan detektif swasta Belasubramaniam yang disewa oleh Abdul Razak Baginda, orang kepercayaan Najib, pembunuhan tersebut terkait kisruh fee pembelian dua kapal selam Prancis saat Najib menjabwat Wakil PM.

Dari nota pengakuan Belasubramaniam yang bocor ke media, model cantik Mongolia yang disebut-sebut selingkuhan Razak baginda, sebenarnya adalah simpanan Najib.

Ia dihabisi karena terus menuntut fee 500 ribu dolar yang menjadi jatahnya.

Sejumlah wanita di lingkungan Najib juga muncul ke permukaan, seperti Flora Ong yang mendapat dua proyek berniliai miliaran ringgit dari Najib serta sejumlah artis.

Tidak hanya Altantuya yang kematiannya masih misteri, tetapi juga kematian bankir AmBank Hussain Najadi yang tewas dibunuh pembunuh bayaran.

Hussain diduga dibunuh karena hendak membuka dana 1MDB sebesar 2,6 miliar ringgit di bank miliknya.

malaysiakini.com
malaysiakini.com

Bahkan, Azreena, putri Rosmah yang juga anak tiri Najib pun berani membongkar aliran uang yang masuk ke rumah mereka dan bagaimana uang itu dalam sekejap lenyap untuk dibelikan ke barang-barang mewah Rosmah.

Meskipun semua itu harus dibuktikan, namun pemandangan saat polisi menggeldah kediaman dan kondo mereka memang bisa menjelaskan bagaimana kemewahan keluarga ini.

Sarawak Report menyebutkan setidaknya ada miliaran dolar uang rakyat selain 1MDB yang masuk ke kantong Najib dan kroninya.

Sarawak Repirt adalah media pertama yang membongkar hasil audit 1MDB tahun 2016 lalu, namun dibredel oleh Najib.

Belum lagi penjualan tanah dan aset negara dengan harga murah kepada keluarga dan kroni pemerintahan, kemudian dijual kembali dengan harga tinggi.

Menurut Free Malaysia Today, meskipun menggeledahan kediaman Najib sudah berakhir pada Kamis pagi, namun sejumlah polisi dari CCID (reserse ekonomi) masih melakukan pencarian dokumen hingga Jumat.Wall Street Journal mempublikasikan dokumen yang menunjukkan Najib menerima dana 681 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 9,5 triliun ke rekening pribadinya.

Mantan PM yang berkuasa selama dua periode tersebut bersikeras bahwa uang itu berasal donasi dari salah seorang anggota Kerajaan Arab Saudi.(*)

Editor: teddymalaka
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved