Keong Emas Mengandung Protein Tinggi Sangat Baik Untuk Pakan Ikan

Keong emas ini kita ambil sendiri di saluran air karena selama ini dianggap hama yang mengganggu saluran

Keong Emas Mengandung Protein Tinggi Sangat Baik Untuk Pakan Ikan
Bangkapos/Edwardi
Siput atau keong emas salah satu alternatif pakan ikan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS,COM, BANGKA --  Siput atau keong emas selama ini dianggap hama atau gulma bagi sebagian masyarakat, karena keong emas ini cepat sekali berkembang biak sehingga terkesan mengotori saluran air atau kolam budidaya ikan.

Namun di tangan orang-orang yang kreatif dan rajin, Siput atau keong emas ini merupakan salah satu alternatif pakan ikan yang sangat baik karena mengandung unsur protein yang tinggi sehingga membuat ikan lebih cepat tumbuh besar.

Seperti yang dilakukan petani pembudidaya ikan warga Sungailiat, Subarkat ini sangat kreatif dengan memanfaatkan keong emas untuk alternatif sumber pakan berbagai jenis ikan budidaya air tawarnya.

"Keong emas ini kita ambil sendiri di saluran air karena selama ini dianggap hama yang mengganggu saluran air dan kolam ikan," kata Subarkat, Minggu (20/05/2018).

Ditambahkannya, cangkang keong emas ini harus dipecahkan lebih dahulu dan isinya diambil untuk dicampurkan dengan dedak.

"Setelah itu kita giling dengan mesin agar tercampur rata dengan dedak, setelah itu bisa langsung diberikan ke ikan," ujarnya.

Menurutnya hampir semua jenis ikan air tawar yang dipeliharanya seperti lele dumbo, gurame, nila, sepat Siam menyukai pakan alternatif ini.

"Keong emas ini tinggi kandungan proteinnya sehingga ikan yang memakan ini menjadi lebih cepat besar dan cepat dipanen," ungkapnya. (*)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help