Siswa SMP di Pangkalpinang Akan Dapat Dua Pengumuman Ujian

Akan ada dua pengumuman untuk 3411 siswa SMP sederajat di Pangkalpinang yang mengukuti ujian beberapa waktu lalu.

Siswa SMP di Pangkalpinang Akan Dapat Dua Pengumuman Ujian
Bangka Pos/Dedi Qurniawan
Kepala Dindikbud Pangkalpinang Eti Fahriaty 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Pangkalpinang Eti Fahriaty mengatakan, akan ada dua pengumuman untuk 3411 siswa SMP sederajat di Pangkalpinang yang mengukuti ujian beberapa waktu lalu.

Pertama, adalah pengumuman has Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK), dan kedua adalah pengumuman kelulusan dari masing-masinh satuan pendidikan (sekolah).

"Hasil kelulusan inikan berdasarkan nilai USBN dan nilai praktik, jadi ini ditentukan sekolah masing-masing. Untuk UNBK itu, kami menunggu dari pusat informasinya, belum bisa kami umumkan pasti tanggal pengumumannya (UNBK) karena kami harus terima hasilnya dulu dari provinsi baru menyampaikan ke sekolah-sekolah pengumumannya itu," tutur Eti kepada Bangka Pos, Minggu (20/5/2018)

Untuk diketahui, dikutip dari kompas.com, pengumuman hasil UN SMP diundur dari tanggal 23 Mei menjadi tanggal 25 Mei 2018.

Sebelumnya diberitakan, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) melalui surat edaran tanggal 17 Mei 2018 menginformasikan perubahan tanggal penyerahan dan pengumuman Ujian Nasional untuk tingkat SMP tahun 2018.

Diperoleh dari laman resmi BSNP, surat yang ditandatangani Ketua BSNP Bambang Suryadi menyampaikan beberapa hal terkait perubahan jadwal tersebut: 1) Penyerahan hasil UN tingkat SMP dari Panitia Tingkat Pusat ke Panitia Tingkat Provinsi mengalami perubahan dari tanggal 18 Mei 2018 menjadi tanggal 22 Mei 2018, dan 2) Dengan demikian pengumuman hasil UN juga turut mengalami perubahan dari tanggal 23 Mei menjadi tanggal 25 Mei 2018.

Eti membenarkan bahwa pengumuman hasil UNBK berubah dari jadwal sebelumnya karena ada pemunduran pengumuman dari pemerintah pusat. Nilai ini memang tak menentukan kelulusann namunbselain untuk pemetaan kualitas sekolah, nilai UNBK juga akan dijadikan acuan untuk masuk sekolah jenjang berikutnya

"Ini yang sedang kami tunggu dari pusat," kata dia

Eti menjelaskan, pihaknya akan segera menggelar rapat penyampaian hasil USBN ke sekolah-sekolah pada Senin (21/5) ini. Hasil itu kemudian akan diolah kembali oleh sekolah dengan menggabungkan nilai USBN siswa dan nilai praktik guna menentukan kelulusan siswa. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help