Disparpora Dukung Destinasi Alam Bukit Tujuh Asal?

Disparpora Kabupaten Bangka mendukung pengelolaan destinasi wisata baru di Bukit tujuh Desa Sempan Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka

Disparpora Dukung Destinasi Alam Bukit Tujuh Asal?
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Asep Setiawan 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka mendukung pengelolaan destinasi wisata baru di Bukit tujuh Desa Sempan Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Wisata Alam Bukit tujuh yang dijadikan spot foto selfie tersebut dikelola pihak Pemerintah Desa dan BUMDes serta Pemuda Desa Sempan.

"Itu bagian dari pemerintah desa yang kreatif. Itu harus diperdeskan (dibuat peraturan desa-red) dibawah BUMdesnya baru BUMDes mengusulkan ke kita untuk ditetapkan misalnya di SK kan oleh bupati," saran Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Asep Setiawan, Rabu (23/5/2018).

Ia justru mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pihak Pemdes bersama BUMDes dan Pemuda Desa Sempan yang kreatif dengan membuat spot-spot foto menarik di Bukit 7 Desa Sempan.

Diakuinya sekarang ini pemerintah desa dan BUMDes kreatif berlomba-lomba mengali potensi desa mereka.

Namun perlu dipertahankan, pelayanannya, pengamanannya, kenyamannya dan tingkat safety bagi para pengunjung juga perlu di pikirkan oleh pihak pengelola destinasi wisata tersebut.

"Tanggung jawab kita yang memberi pemahaman itu. Nanti kita turun kan ada monitoring pengawasan dari kita. Ini bagian dari simpul destinasi wisata baru. Kita lihat dulu reaksinya bertahan sampai kapan," ungkap Asep.

Ia berharap pihak pengelola Bukit tujuh jangan sampai pengembangan yang dilakukan stagnan.

"Jangan hanya nafsu sesaat tidak ada pengembangan lebih. Baru mau kita kembangkan sudah mati, semangatnya sudah padam lagi karena terbius dengan pola ekonomi lain artinya ada penghasilan lebih dari di luar situ. BUMDes yang harus berperan. Ini kan dari masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat," jelas Asep.

Namun pihaknya belum berani menetapkan Bukit tujuh sebagai destinasi wisata baru karena belum ada pengusulan ke disparpora oleh pihak Pemdes Sempan dan melihat sampai dimana booming wisata alam tersebut.

"Ini ciptaan, kreasi masyarakat diharapkan seperti itu sebenarnya. Kalau kita (disparpora--red) yang hanya menciptakan biasanya suka tidak diterima oleh masyarakat Seperti air terjun di Dalil agak sedikit stagnan tetapi kita peduli. Lihat perkembangan masyarakat. Semua itu dikelola BUMDes seperti kita ke Banyuwangi semua dikelola masyarakat," jelas Asep.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved