Ini Biaya Premi Asuransi Mandiri Nelayan Basel Setahunnya

Dalam Setahun biaya premi asuransi mandiri nelayan Kabupaten Bangka Selatan, sebesar Rp 200.000. Sementara klaim asuransi

Ini Biaya Premi Asuransi Mandiri Nelayan Basel Setahunnya
bangka pos/anthoni ramli
Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Bangka Selatan Suhadi

Laporan wartawan Bangka pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS. COM, BANGKA - Dalam Setahun biaya premi asuransi mandiri nelayan Kabupaten Bangka Selatan, sebesar Rp 200.000.

Sementara klaim asuransi yang diperoleh nelayan disesuaikan dengan kriteria cidera dan luka yang dialami para nelayan.

Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikan Bangka Selatan Suhadi, mengatakan Sudah ada beberapa nelayan yang menerima klaim asuransi mandiri. Menurutnya, klaim tersebut disesuaikan dengan cidera dan luka yang dialami nelayan.

Menurut Suhadi, sejauh ini para nelayan tidak keberatan dengan biaya premi yang telah disepakati dengan pihak jaminan Asurasi Nasional Indonesia (Jasindo) sebesar Rp 200.000 pertahun

"Setahun premi nya dua ratus ribu rupiah. Beberapa waktu lalu sudah ada yang klaim asuransi. Untuk besaran klaim disesuaikan dengan kondisi yang dialami nelayan itu. Misal ada yang harus dirawat dan tidak bisa masuk kerja. Misal ada juga yang mengalami cacat permanen. Jadi disesuaikan dengan kondisi nelayan itu senidiri. Mereka tidak keberatan kan sudah MOU dengan pihak Jasindo, " kata Suhadi.

Klaim Asuransi Nelayan Basel Berlaku Perorangan

Klaim Asuransi hanya berlaku bagi nelayan yang tercatat sebagai peserta asuransi Jasindo. Sebab klaim tersebut sifatnya perorangan, dan bukan kelompok.

Dalam hal ini, mereka yang wajib dan berhak menerima klaim asuransi yanki, nelayan yang tercatat sebagai peserta asuransi Jasindo.

Suhadi, mengimbau agar nelayan di Bumi Junjung Besaoh, menjadi peserta asuransi mandiri tersebut, agar hak hak mereka sebagai nelayan terjamin dan terlindungi.

"Klaim ini sifatnya perorangan, jadi selain yang terdata sebagai peserta tidak berhak menerima klaim. Makanya kami imbau agar nelayan lainnya bisa menjadi peserta asuransi ini. Karena dengan asuransi ini hak mereka dijamin dan dilindungi, " kata Suhadi.

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help