Unik, Pisang Ambon Bertandan Tiga Tumbuh di Halaman Kantor, Ini Rahasianya

Memang unik, dan menarik perhatian, aneh, biasanya pisang bertandan satu dan memanjang, sedangkan ini tiga

Unik, Pisang Ambon Bertandan Tiga Tumbuh di Halaman Kantor, Ini Rahasianya
Bangkapos/Edwardi
Pisang Bertandan tiga yang tumbuh di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Unik dan menarik perhatian. Kata-kata ini  terucap ketika melihat buah pisang di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka. 

Pisang jenis ambon masak hijau atau kapal merupakan pisang hasil pemumpukan yang bisa  berbuah besar dan bersisir panjang, atau bisa bertandan lebih dari satu. 

Baharudin, pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka mengatakan banyak yang berpikir pisang bertandan tiga ini karena ada sesuatu yang tidak lazim atau aneh, padahal hal ini terjadi karena adanya salah satu jenis pupuk yang ditaburkan di tanaman pisang, sehingga buahnya bisa bertandan tiga.

"Memang unik, dan menarik perhatian, aneh, biasanya pisang bertandan satu dan memanjang, sedangkan ini tiga tandan dalam satu pohon," kata Baharudin, Senin (28/05/2018). 

Baharuddin menjelaskan awalnya bibit pisang ini diberikan seorang petani lalu ditanamkan di halaman kantor dengan diberik pupuk tadi.

Namun seiring waktu, pisang mulai tumbuh dan besar dan belajar berbuah, ternyata memiliki tiga buah tandang dan berjantung tiga juga.

"Awalnyanya unik, banyak yang memotonya, termasuk kami juga, ternyata ini hasil dari pemberian pupuk sehingga pisang berbuah dan bertandan tiga, semoga dapat panen dengan manis," harap Baharuddin.(*)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved