Bahaya Bagi Kesehatan Jika Tidur Usai Santap Sahur Ini Penjelasnyanya

Ternyata langsung tidur setelah makan sahur di bulan ramadhan memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Bagi Kesehatan Jika Tidur Usai Santap Sahur Ini Penjelasnyanya
Bangka Pos / Ira kurniati
Dokter umum RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Marco Panjaitan. 

Laporan wartawan Bangkapos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ternyata langsung tidur setelah makan sahur di bulan ramadhan memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidur setelah makan memberi efek negatif bagi kesehatan baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Dikatakan oleh Dokter umum RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Marco Panjaitan. Ia mengatakan ada beberapa poin dampak pada tubuh jika kebiasaan tersebut dilakukan.

Nyeri ulu hati akan dirasakan apabila kebiasaan tidur setelah makan. Hal ini dikarenakan sebelum tidur mengkonsumsi makanan berat atau camilan, bagian ulu hati akan terasa panas dan nyeri, hal ini dikarenakan asam lambung naik dan memenuhi rongga dada sehingga menyebabkan dada terasa panas.

"Ada namanya GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease dikarenakan akibat dari heartburn. Rasa panas muncul dari area kerongkongan dan menyebabkan area dada terbakar." sebut Marco, Senin (28/5/2018).

Kemudian akan terjadi gangguan saluran pencernaan. Normalnya pengosongan lambung manusia berlangsung sekitar dua hingga tiga jam, Namun posisi berbaring saat tidur dapat menghambat proses pengosongan lambung tersebut.Jika hal ini terjadi bisa mengakibatkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Marco melanjutkan, tidur sehabis makan sahur dapat membuat makanan sulit dicerna, dikarenakan kerja usus dan lambung akan melambat saat tidur, menyebabkan makanan sulit dicerna, hal ini agak berbahaya karena sisa makanan di usus bisa membusuk dan menjadi gas racun yang berbahaya.

Menurutnya yang paling berbahaya lagi ada penyakit jantung dan stroke, yg memang masih di teliti penyebab langsungnya namun sudah ada di beberapa penelitian yang menyebabkan adanya hubungan tersebut, meskipun harus dikonfirmasi ulang.

"Ada baiknya setelah sahur cari saja kegiatan positif sebelum beraktivitas pagi seperti mungkin mengaji, membaca, atau hal-hal positif lainnya agar terhindar dari efek negatif seperti diatas bila langsung tidur tanpa menunggu satu atau dua jam setelah makan." tutupnya.(*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help