Catat! BI Siapkan 12 Titik Tempat Penukaran Uang Selain Di Bank

Euforia masyarakat dalam menyambut lebaran semakin terasa. Segala persiapan telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari, dan hal yang tak

Catat! BI Siapkan 12 Titik Tempat Penukaran Uang Selain Di Bank
Bangka Pos/Idandi Meika Jovanka
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Edhi Rahmanto Hidayat, Selasa (22/5/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Euforia masyarakat dalam menyambut lebaran semakin terasa. Segala persiapan telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari, dan hal yang tak terlupakan adalah momen dimana masyarakat menukarkan pecahan uang ke nominal-nominal yang lebih kecil di Bank.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, Bank Indonesia dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni Bank Mandiri, BNI dan BRI akan menyediakan 12 titik tempat penukaran uang di pusat-pusat keramaian masyarakat di luar jam operasional kantor.

"BI dan Himbara melalui program Rupiah Untuk Negeri akan menyiapkan 12 titik tempat penukaran uang di tempat yang sering dikunjungi masyarakat baik di kabupaten maupun kota," ujar Edhie.

Pelaksanaan penyediaan 12 titik tersebut akan dimulai pada hari senin hingga kamis mendatang.

"Nanti akan kita lakukan pada sore hari sekitar pukul 3an hingga maghrib dan akan mulai senin depan hingga hari kamis," ucapnya.

Selanjutnya untuk di Pangkalpinang sendiri tempat penukaran uang tersebut dapat dijumpai di Bhay Park Polda Babel, Pusat perbelanjaan BTC, dan Sekitaran Pasar Pagi.

"Di Pangkalpinang akan kita lakukan di Bhay park dan tempat lainnya, lalu di kabupaten-kabupaten juga seperti itu akan kita letakkan di pusat keramaian," imbuhnya.

Jumlah Penukaran Uang Untuk Lebaran Capai Rp 512 Miliar

Memasuki hari ke 16 bulan Ramadan 1439 H di hari J1umat (1/6/2018) jumlah penukaran uang untuk persiapan lebaran telah mencapai Rp 512 Miliar berdasarkan laporan dari Bank Indonesia perwakilan Bangka Belitung.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Edhi Rahmanto Hidayat ketika dihubungi Bangka Pos melalui telepon.

"Hingga hari ini data yang sudah kita terima untuk penukaran uang menjelang lebaran di seluruh bank yang ada di Bangka Belitung sudah mencapai Rp 512 Miliar," ujar Edhi.

Jumlah tersebut berdasarkan dari total keseluruhan aktifitas penukaran uang di seluruh bank yang ada di Bangka Belitung.

Dan dana yang digunakan merupakan dana yang telah dipersiapkan BI sebanyak 1 Triliun untuk persiapan lebaran.

"Kemungkinan mulai minggu depan akan menjadi puncak penukaran uang, karena minggu depan PNS, TNI/POLRI baru akan menerima gaji dan THR," sambung Edhie. 

Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved