Polisi Terima Surat Soal Tambang Ilegal di PPN Sungailiat, Begini Kata Sophian

Upaya preemtif sudah kita lakukan, maka jika tidak berjalan optimal maka kita lakukan upaya represif

Polisi Terima Surat Soal Tambang Ilegal di PPN Sungailiat, Begini Kata Sophian
capture Youtube
Kabag Ops Polres Bangka, Kompol S Sophian 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Aktifitas tambang timah ilegal terjadi dimana-mana. Bahkan di pusat kota, depan Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, tambang liar juga beroperasi.

Tak hanya itu, aktifitas tambang apung juga semakin merajalela di sekitaran Pantai Sungailiat. 

Kapolres Bangka AKBP M Budi Ariyanto diwakili Kabag Ops Kompol S Sophian kepada Bangka Pos Groups, Jumat (1/6/2018) mengaku sudah menerima surat dari Pihak Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat.

"Dari  PPN sudah mengirimkan surat, dan sudah kita tindak-lanjuti. Kita turunkan personil upayakan preemtif," kata Sophian. 

Tindakan preventif yang dimaksud sebatas pengarahan atau imbauan agar penambang menghentikan aktifitasnya.

"Kita mengimbau kepada masyarakat disana (penambang), apabila tidak memiliki dokumen resmi, terkait ijin penambangan, agar menghentikan aktifitas," katanya.

Sebaliknya jika penambang liar tersebut membandel maka polisi akan turun kembali. Aksi petugas kali ini bukan untuk menyampaikan imbauan, melainkan penindakan.

"Upaya preemtif sudah kita lakukan, maka jika tidak berjalan optimal maka kita lakukan upaya represif dalam bentuk penertiban. Yang jelas apabila nantinya turun ke lapangan masih ada aktifitas lagi, kita akan proses," katanya.

Sementara itu aktifitas penambangan liar tak hanya merambah aliran sungai atau kolong depan Kantor PPN, namun di sepadan laut, tak jauh dari Muara Jeliti atau Muara Perkasa Sungailiat juga ditemukan aktifitas.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved