Lipsus Zonasi Laut

Zonasi Laut Tarik Ulur - Tak Ada Timah di Atas 2 Mil

PEMBERSIHAN aktivitas tambang di bawah 2 mil laut menyeruak dalam rencana penetapan zonasi laut di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Zonasi Laut Tarik Ulur - Tak Ada Timah di Atas 2 Mil
Wilayah IUP Bangka Belitung 

PEMBERSIHAN aktivitas tambang di bawah 2 mil laut menyeruak dalam rencana penetapan zonasi laut di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jika itu dilakukan, sebagian besar IUP yang berada di laut terancam dicabut.

Ada beberapa pertimbangan yang menjadi perhatian gubernur, terutama soal IUP di bawah 2 mil laut.

Pengakuan Johan Murod, pengusaha tambang di laut skala besar yang menjadi mitra BUMN, PT Timah Tbk, jika penambangan di bawah 2 mil dilarang, maka sektor tambang bisa terguncang.

Karena menurutnya tak ada timah di atas 2 mil.

“Mematikan usaha (Jika Diterapkan). Di atas 2 mil tak ada timah. Pembangunan Indonesia harusnya Multy Sectoral tak boleh suatu sektor mematikan usaha sektor lain,” kata Johan Murod, Minggu (3/6/2018).

Menurut Johan, berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentan Minerba, tak ada larangan menambang di bawah 2 mil.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan satu di antara pertimbangan mereka terhadap adanya usulan pembersihan IUP di bawah 2 mil adalah karena adanya aset negara.

"Ini yang kita serahkan ke pusat, bahwa izin IUP 0-2 mil itu paling banyak PT Timah, dan ini aset negara, yang namanya aset Negara itu harus melalui DPR RI kita jangan gampang mencabut. Karena kita enggak bisa, karena ini punya negara, punya swasta juga enggak gampang kita cabut. Tetapi kita ada cara yang kompromistis, nanti kita akan bahas bersama DPR," katanya.

Sekertaris Perusahaan PT. Timah Tbk, Amin Haris Sugiarto mengungkapkan wilayah IUP laut PT Timah Tbk di Bangka Belitung sebesar 2 persen dari total wilayah laut Bangka Belitung.

PT Timah Tbk juga tidak mengharapkan jika zonasi menetapkan area tambang di atas 2 mil sebab cadangan timah di laut berada di 0-2 mil. Sehingga, diharapkan regulator penentu zonasi dapat bersikap bijak. Mengingat wilayah IUP tambang laut PT Timah Tbk hanya sebesar 2 persen dari total luas laut Bangka Belitung.

Halaman
12
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved