Baru 17 Desa Dapatkan Pencairan Dana Desa di Kabupaten Belitung, Pemdes Harus Kebut Sebelum Libur

Baru 17 pemerintah desa (pemdes) di Kabupaten Belitung, Selasa (5/6/2018) baru melakukan pencairan dana desa.

Baru 17 Desa Dapatkan Pencairan Dana Desa di Kabupaten Belitung, Pemdes Harus Kebut Sebelum Libur
Bangka Pos / Disa Aryandi
Kepala BPKAD Kabupaten Belitung Jayusman 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Baru 17 pemerintah desa (pemdes) di Kabupaten Belitung, Selasa (5/6/2018) baru melakukan pencairan dana desa. Belasan Desa yang sudah menerima dana Desa itu, telah menyelesaikan berbagai administrasi dan mengajukan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belitung.

16 Desa tersebut, Desa Pulau Seliu, Desa Membalong, Desa Mentigi, Desa Perpat, Desa Padang Kandis, Desa Air Saga, Desa Aik Pelempang Jaya, Desa Sungai Samak, Desa Air Batu Buding, Desa Terong, Desa Air Seru, Desa Tanjung Binga, Desa Keciput, Desa Sungai Padang, Desa Pelepak Pute, Desa Selat Nasik dan Desa Pulau Gersik.

Pencairan dana Desa itu, merupakan tahap ke dua dari nilai penyaluran APBN tahun 2018. Secara keseluruhan terdapat 42 Desa yang seharusnya sudah menerima dana Desa tersebut di bulan Juni 2018 ini.

"Nah sudah di salurkan di tahap dua ini baru segitu (17 Desa) dari 42 Desa. Yang lain nya belum, dan bulan Juni ini sudah masuk pencairan tahap dua," kata Kepala BPKAD Kabupaten Belitung Jayusman kepada posbelitung.co, Selasa (5/6/2018).

Rata-rata pencarian dana Desa di tahap dua ini, berkisaran antara Rp 300 juta hingga Rp 400 juta. Dari pagu awal dana Desa tersebut dibagi menjadi tiga bagian buat penyaluran. Sehingga nilai antara satu Desa dengan Desa lainnya berbeda.

"Jadi melihat pagu pertahunnya, kalau APBN ini semua nya dana Desa Rp 38.805.104.000,-. Nah kami minta kalau bisa pengajuannya paling lambat tanggal 7 Juni besok, karena tanggal 11 Juni itu sudah cuti bersama," jelasnya.

Kata Jayusman, dana Desa tersebut harus terproses hingga akhir Juni 2018. Sebab setalah penyaluran tahap dua ini, maka akan segera dilakukan pemprosesan penyaluran APBN dana Desa tahap tiga. Ini harus segera terlaksana, agar tidak tidak mengalami keterlambatan hingga Desember seperti tahun 2017 lalu. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help