Fitur Baru Grab, Tekan Tombol SOS 2 Kali, Keluarga Langsung Dapat SMS

Tombol emergency ini ketika ditekan maka semua detil dari lokasi, identitas penumpang, driver dan

Fitur Baru Grab, Tekan Tombol SOS 2 Kali, Keluarga Langsung Dapat SMS
Pixabay.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Belum lama ini tepatnya 21 Mei 2018, Grab meluncurkan sebuah fitur baru di aplikasinya yakni fitur tombol SOS atau tombol emergency (keamanan) yang dapat digunakan penumpang apabila menemukan keadaan yang membahayakan diri penumpang ketika sedang bersama mitra Grab.

Tombol yang terletak diatas peta yang ada di aplikasi Grab tersebut dapat digunakan dengan cara mengetuk atau menekannya sebanyak 2 kali lalu pesan singkat terkait detail perjalanan anda akan terkirim langsung melalui pesan singkat kepada nomor-nomor keluarga atau teman dekat anda yang telah anda daftarkan.

"Tombol emergency ini ketika ditekan maka semua detil dari lokasi, identitas penumpang, driver dan kendaraan Grab tersebut akan langsung terkirim melalui pesan SMS ke nomor keluarga yang sudah didaftarkan, disms ini juga ada instruksi untuk segera menghubungi penumpang atau pihak berwajib terdekat," jelas Ronald Sipahutar.

Selain itu, untuk menjamin keselamatan penumpangnya Grab sudah dari lama menyediakan fitur "Share My Ride" atau membagikan perjalanan anda kepada orang terdekat anda sehingga orang tersebut dapat melacak keberadaan anda.

"Sebelum ini kita sudah memiliki fitur "Share My Ride" yang mana ketika sebelum menaiki transportasi Grab kita dapat mengirimkan peta perjalanan kita kepada orang yang kita percayai, dan itu bersifat realtime jadi orang yang kita kirimi link perjalanan kita dapat melihat langsung keberadaan kita dimana saat itu," ungkapnya.

Ronald menyarankan agar selalu mengecek kevalidan data kendaraan dengan kendaraan yang datang menjemput.

"Sebelum naik diupayakan untuk memeriksa kevalidan data di aplikasi dengan yang datang menjemput jangan sampai drivernya sama tapi kendaraannya beda atau platnya beda dan juga jangan sampai kendaraannya sama namun drivernya beda agar penumpang lebih aman dalam beraktifitas," sarannya. (*))

Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help