Ini Kata Ketua DPRD Babel, DPRD Disebut Berperan Buruk dalam Indek Demokrasi oleh BPS

Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit Srigusjaya mempertanyakan indikator yang dijadikan BPS untuk mengukur peran DPRD Babel dalam IDI

Ini Kata Ketua DPRD Babel, DPRD Disebut Berperan Buruk dalam Indek Demokrasi oleh BPS
Dok/Bapos
Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit Srigusjaya. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit Srigusjaya mempertanyakan indikator yang dijadikan BPS untuk mengukur peran DPRD Babel dalam indek demokrasi Indonesia (IDI).

Menurut Didit, kurang tepat bila BPS menjadikan rekomendasi legislatif ke DPRD menjadi tolok ukur peran DPRD dalam IDI.

“Kalau rekomendasi paling sering kita memberikan rekomendasi kepada Gubernur. Tapi itu belum tentu di follow-up gubernur atau tidak. Tidak bisa juga rekomendasi seperti itu dipakai BPS sebagai indikator,” ujar Didit Srigusjaya kepada bangkapos.com, Rabu (6/6/2018).

Lanjut Didit, rekomendasi bisa saja tiap hari diberikan DPRD kepada pemprov Babel. Tapi rekomendasi tersebut belum tentu diikuti oleh Gubernur.

“Usai kunker komisi selalu ada laporannya. Laporan ini juga kita pilah untuk disampaikan atau direkomendasikan ke pemerintah,” ujar Didit Srigusjaya.

Tak sedikit, rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD kata Didit ditindaklanjuti oleh Gubernur. Salah satunya adalah draf reperda mineral ikutan timah.

“Raperda mineral ikutan itu bukan inisiatif dari DPRD, tapi itu rekomendasi dari hasi kunker DPRD ke kementrian terkait,” ujar Didit.(*)

Penulis: Hendra
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved