Peran DPRD Babel Masuk Kategori Buruk Dalam Indeks Demokrasi Indonesia

Penentuan IDI itu dirumuskan dengan pandangan masyarakat yang demokratis bukan ditentukan oleh demokrasi semata

Peran DPRD Babel Masuk Kategori Buruk Dalam Indeks Demokrasi Indonesia
Bangkapos/Yudha Palistian
Kepala Badan Pusat Statistik Wilayah Babel, Darwi Sitorus . 

Laporan Wartawan Bangkapos, Yudha Palistian.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Pusat Statistik Babel pada tahun 2016 mencatat peran DPRD berkategori buruk dalam indeks demokrasi indonesia, yakni memiliki skor terendah pada tahun 2016 sebesar 44,33 turun 1,69 poin dibandingkan tahun 2015.

Sedangkan untuk tahun 2017 masih sedang dirumuskan dan disusun oleh beberapa instansi.

Kepala BPS Wilayah Babel, Darwis Sitorus mengatakan variabel peran birokrasi pemerintah daerah mengalami penurunan tertinggi yaitu sebesar 2,12 poin dan 69,24 pada tahun 2015 menjadi 67,12 pada 2016.

"Penentuan IDI itu dirumuskan dengan pandangan masyarakat yang demokratis bukan ditentukan oleh demokrasi semata, tetapi juga menempatkan pastisipasi masyarakat menjadi bagian penting yang turut berpengaruh," ucapnya kepada Bangkapos, Selasa (5/6/2018).

Ia juga menambahkan indikator yang perlu menjadi perhatian karena berkategori buruk yakni pertama, presentase anggota perempuan DPRD Provinsi sebesar 29,63.

Yang kedua, presentase alokasi anggaran pendidikan dan kesehatan 49,33 lalu ketiga rekomendasi DPRD kepada eksekytif sebesar 10,71 dan yang terakhir persedian informasi DPRD oleh pemerintah daerah 41,66.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved