Pakai Pesawat Usang Milik Negara, Kim Jong Un Diragukan Bisa Terbang Sampai Singapura

Kepergian Kim Jong Un ke Singapura merupakan untuk pertama kalinya seorang pemimpin besar Korut terbang jarak jauh

Pakai Pesawat Usang Milik Negara, Kim Jong Un Diragukan Bisa Terbang Sampai Singapura
Istimewa
Pesawat tua Il-76 

BANGKAPOS.COM - Masyarakat dunia Internasional dengan harap-harap cemas menunggu pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antara pemimpin Korut  Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump yang akan berlangsung di Singapura (12/6/2018).

KTT yang sangat fenomenal itu memang sudah menunjukkan kepastian.

Tapi kemampuan Kim Jong Un untuk terbang dari Korut-Singapura menempuh jarak sekitar 5.000 km menggunakan pesawat komersil Air Koryo, ‘Air Force One’ tua diragukan.

Kepergian Kim Jong Un ke Singapura merupakan untuk pertama kalinya seorang pemimpin besar Korut terbang jarak jauh menggunakan pesawat tua Ilyushin Il-76 MD atau Ilyushin Il-62.

Kedua pesawat ‘Kepresidenan Korut’ itu, selain tua juga langka. Karena merupakan produksi Rusia pada  era Perang Dingin di tahun 1960-an.

Tapi jika Korut bisa mendapatkan suku cadang Il-76 MD dan IL-62, maka kedua pesawat bermesin empat bisa dimungkinkan masih layak terbang.

Ketersediaan suku cadang bagi Il-76 dan Il-62 dipastikan masih tersedia mengingat Rusia masih memiliki 6 unit Il-62 dan puluhan Il-76.

Untuk terbang menuju Singapura, Kim Jong Un diperkirakan akan menggunakan Il-76 yang telah dimodifikasi interiornya menjadi ‘pesawat mewah’ dan bisa menempuh penerbangan hingga jarak 5.000 km.

Hanya, karena mesinnya sudah tua, pesawat tersebut bakal jadi lebih boros bahan bakar. Maka untuk bisa menempuh jarak 5.000 km menjadi diragukan.

Pesawat IL-76 Korut memang bisa mengisi bahan bakar ulang di bandara yang bisa disinggahi. 

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help