Pesepakbola Palestina Ditembak Tentara Israel saat Kirim Pesan Kemanusiaan Pada Lionel Messi

Khalil terluka setelah ia ditembak oleh sniper Israel pada 30 Maret, dalam aksi protes yang digelar warga Palestina.

Pesepakbola Palestina Ditembak Tentara Israel saat Kirim Pesan Kemanusiaan Pada Lionel Messi
marca
Lionel Messi 

BANGKAPOS.COM - Beberapa hari lalu sempat beredar kabar mengenai timnas Argentina yang akan melawat ke Israel dan melakukan pertandingan persahabatan dengan Timas Israel.

Pertandingan tersebut kabarnya digelar di Stadion Teddy Yerusalem pada 9 Juni, yang dibangun di atas tanah yang dulunya merupakan desa Palestina yang dihancurkan pada 1948.

Namun, sebuah desakan diluncurkan oleh publik Palestina, yang menentang digelarnya pertandingan tersebut, karena mereka manganggap pertandingan itu manfaatkan untuk kepentingan politik Israel.

Akibatnya, berbagai kecaman muncul hingga ancaman akan membakar jersey dan poster Leonel Messi jika pertandingan tersebut jadi digelar.

Baca: Razan Najjar Menangis dan Ucapkan Kata-kata Terakhir Ini saat Tahu Dirinya Tertembak

Akibat desakan yang dilayangkan tersebut pertandingan itu akhirnya ditangguhkan di tengah eskalasi kekerasan, ancaman dan kritik yang diarahkan pada kapten Argentina Lionel Messi.

Bulan lalu, gerakan Boycott Divestment and Sanctions (BDS) juga meluncurkan kampanye yang mendesak Argentina untuk mundur dari pertandingan itu.

"Tidak ada yang 'ramah' tentang pendudukan militer dan apartheid," kata gerakan itu, yang menyerukan diakhirinya pendudukan Palestina, dan hak untuk kembalinya para pengungsi Palestina, dan persamaan hak bagi warga Palestina atas Israel.

"Jangan bermain di Israel sampai hak asasi manusia Palestina dihormati." tambahnya.

BDS mengkritik pertemuan itu sebagai kepentingan politik, dan menuduh para pejabat Israel menggunakannya untuk menutupi serangan terhadap warga Palestinadi dalam dan di luar lapangan.

Baca: Penguasa Bengis Israel Pembantai Rakyat Palestina Ini 8 Tahun Tersiksa dalam Kondisi Sekarat

Sebagai bagian dari kampanye, atas nama Mohammed Khalil, seorang pesepakbola Palestina, mengirimkan pesan pada Lionel Messi, kapten timnas sekaligus pemain yang dicintai Argentina.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved