Leisure Bangka Belitung

2 KEK Baru Pariwisata Segera Hadir di Pulau Bangka Tahun 2018

Dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru di Bangka akan menyusul KEK Tanjung Kelayang yang sebelumnya sudah ada di Belitung.

2 KEK Baru Pariwisata Segera Hadir di Pulau Bangka Tahun 2018
bangka pos/dok
Para wisatawan penumpang Kapal Pesiar Star Clippers saat datang ke Parai Beach Resort and Spa, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (7/5/2018). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru di Bangka akan menyusul KEK Tanjung Kelayang yang sebelumnya sudah ada di Belitung.

Dua KEK tersebut akan berlokasi di Tanjung Gunung Bangka Tengah dan Sungailiat, Pulau Bangka.

Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya di kantornya mengatakan dua KEK baru tersebut ditujukan untuk sektor pariwisata dan sudah selesai masa peninjauan oleh beberapa stakeholder terkait.

"Sudah saya kunjungi dan memang potensial, Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang) juga setuju. Sudah mengajukan ke Dewan KEK Nasional, dan mereka menerima pengajuannya," terang Menpar saat lauching Festival Toboali City on Fire di Kementerian Pariwisata, Jumat (8/6/2018).

Pasca pengajuan tersebut, sampai saat ini masih ada 15 dokumen lagi yang harus dilengkapi beberapa pihak. Mulai kementerian, pemprov, pemda, dan badan usaha.

Baca: Harga Tiket Pesawat di Bangka Belitung Melonjak Drastis hingga 2 Kali Lipat

Pada Juli mendatang, dua KEK baru itu akan melalui proses finalisasi dan ditandatangani oleh Dewan KEK Nasional.

"Setelah dapat KEK itu, kita bangun apa saja mudah (izinnya). Mau bangun fasilitas dan infrastruktur gampang, pelebaran jalan, bandara internasional bisa, dan lain-lain," kata Arief Yahya.

Rencananya lokasi di Tanjung Gunung diperuntukan untuk MICE, dan sudah ada Dyandra sebagai investor yang akan membangun sarana MICE. Selain itu juga akan dibangun hotel berbintang dan glamping oleh investor lain.

Sedangkan di Sungailiat karakternya sport tourism dan budaya. Kemenpar berencana membangun sentra golf.

Baca: Fitur Anyar WhatsApp, Kirim Pesan Tak Perlu Ngetik Cukup Ngomong Tertulis Sendiri, Ikuti Langkah Ini

Menpar mengatakan meski rencana pembangunannya berbeda, tetapi karakter keindahan alam pada dua tempat ini hampir sama. termasuk kekayaan bahari yang luar biasa.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved