Leisure Bangka Belitung

Kue Engkak dan Bolu, Kue Tradisional yang Masih Diminati

Puasa tinggal beberapa hari lagi. Namun demikian suasana Ramadan masih terasa kental.

Kue Engkak dan Bolu, Kue Tradisional yang Masih Diminati
Bangkapos / Adinda Rizki Amanda
Sherly Rezke Julita saat menikmati kue bolu 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Adinda Rizki Amanda

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Puasa tinggal beberapa hari lagi. Namun demikian suasana Ramadan masih terasa kental. Terbukti ramainya jajanan pinggiran jalan sebagai hidangan berbuka puasa ketika magrib tiba. Penganan itu, berupa kue manis tradisional khas Bangka, seperti Kue Engkak dan kue Bolu 

Kue ini digemari banyak orang, termasuk Sherly Rezke Julita, Warga Sungaiselan Bangka Tengah. Kue tersebut biasa disantap Sherly sebagai hidangan saat berbuka puasa. "Kedua kue ini manis dan gurih, saya menyukainya, saya sering makan kue ini saat berbuka puasa," katanya kepada Bangka Pos, Jumat (8/6/3018).

Walau kue tradisional masih banyak digemari, namun keberadaanya mulai langka. Pedagang sudah jarang menjual kue tradisional karena bersaing dengan kue modern yang semakin membludak di pasaran.

"Sangat disayangkan keberadaan kue ini sudah mulai langka dijual, baik di warung atau toko-toko kue lainnya. Kue ini di Sungaiselan cuma ada di warung-warung pinggir jalan, itupun harus berebutan karena cepat habis," katanya.

Kue tradisional
Kue tradisional (Bangka Pos / Adinda Rizki Amanda)

Seorang Pedagang Kue Engkak dan Bolu Kuci di Desa Sungaiselan, Rostina (43) membagikan resep praktis dan sederhana membuat kue ini agar dapat dicoba di rumah. Resep membuat Kue Engkak, yang pertama, siapkan tepung ketan 1 kg, kelapa parut 2 ons, santan kelapa secukupnya, gula pasir 2,5 ons dan gula merah dan garam secukupnya. Sedangkan untuk membuat Bolu Kuci relatif sama bahan yang digunakan, hanya saja tanpa ketan dan kelapa parut. Bahan untuk membuat bolu kuci menggunakan tepung terigu, dan santan saja.

Cara membuatnya cukup sederhana. Pertama campurkan semua bahan, aduk merata hingga teksturnya sedikit encer. Siapkan cetakan bulat kemudian panggang di oven sekitar 15 menit. Hal yang harus diingat, agat tidak menggunakan api terlalu besar agar kue masak sempurna.

Jika kue matang maka warna kue agak berubah menjadi kecoklatan karena campuran gula merahnya.
Kue Engkak dan Bolu Kuci siap dinikmati dan cocok dimakan bersama teh dan kopi hangat sebagai menu manis saat berbuka puasa maupun di waktu santai. Selamat mencoba!(*)

Penulis: Adinda Rizki Amanda
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help