Dinas Kesehatan Bangka Targetkan 84.084 Anak Terima Imunisasi Campak dan Rubella

Dinkes Kabupaten Bangka akan menggelar imunisasi masal Campak dan Rubella pada Agustus hingga September 2018.

Dinas Kesehatan Bangka Targetkan 84.084 Anak Terima Imunisasi Campak dan Rubella
Hello Sehat
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka akan menggelar imunisasi masal Campak dan Rubella pada Agustus hingga September 2018. Kegiatan ini menargetkan 84.084 anak se Kabupaten Bangka untuk diimunisasi.

"Jadi kita akan melakukan kegiatan besar tahun ini yakni imunisasi masal berupa pemberian imunisasi Campak dan Rubella pada bulan Agustus dan September 2018 ini. Berdasarkan hasil pendataan yang kita lakukan menggunakan teknik total sampling kita akan memfaksin total seluruhnya itu 84.084 anak dari usia sembilan bulan hingga 15 tahun," jelaz Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Sopianto melalui rilis yang dikirimkan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bangka kepada bangkapos.com, Senin (12/6/2018) .

Dia mengatakan, kegiatan tersebut selain pertama kalinya di Kabupaten Bangka, imunisasi Rubella belum pernah diberikan kepada anak di Kabupaten Bangka. 

Hal ini juga didasari dari Program Pemerintah Pusat yang menargetkan daerah luar Pulau Jawa 95 perse  anak usia 9 bulan hingga 15 tahun wajib mendapat imunisasi Campak dan Rubella.

"Jadi imunisasi Campak dan Rubella ini kali pertama ada di Kabupaten Bangka. Selama ini kan cuma ada imunisasi Campak saja, tetapi sekarang dalam satu Imunisasi tersebut kita sudah kombinasikan dengan Vaksin Rubella juga. Intinya kan ini Program Pemerintah Pusat bahwa target luar Pulau Jawa 95 persen anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun wajib mendapat imunisasi Campak dan Rubella," kata Sopianto.

Dia mengatakan bahwa proses imunisasi akan terbagi menjadi dua tahap yakni pada tahap pertama bulan Agustus pihaknya yang berkolaborasi dengan puskesmas akan turun langsung ke lapangan yakni dari Paud, TK, SD hinga SLTP di Kabupaten Bangka, dan pada tahap kedua yakni pada bulan September lebih terkonsentrasi dengan anak yang belum sekolah di posyandu, puskesmas, dan rumah sakit.

"Jadi kegiatan imunisasi masal Campak Rubella ini nanti pada bulan Agustus kita langsung turun kesekolah-sekolah dengan memberi faksin terkait Imunisasi tersebut kepada anak-anak tersebut, tentu sesuai dengan jadwal ya, kemudian untuk anak yang belum memasuki usia sekolah atau yang belum sekolah itu mereka mendapat imunisasi di beberapa pos kesehatan di Desa mereka, puskesmas, posyandu dan  rumah sakit," ungkap Sopianto.

Untuk mempersiapkan menuju imunisasi masal pada bulan Agustus dan September 2018 tersebut, Sopianto mengatakan bahwa pihaknya terus melalukan sosialisasi terkait imunisasi masal tersebut ke sekolah formal.

"Tentu sebelum kegiatan imunisasi masal tersebut kita terus melakukan sosialisasi ke paud, Tk, SD, dan SLTP, juga kantor desa, kantor lurah, dan kantor camat," kata Sopianto.

Ia berharap kerjasama dengan masyarakat agar kooperatif dalam mendukung Program Pemkab Bangka tersebut sehingga memunculkan kesadaran terkait tindakan preventif guna memproteksi anak usia dini dari penyakit Campak dan Rubella.

"Harapan kita tentu agar masyarakat bisa lebih pro aktif, lebih sadar terhadap upaya untuk mencegah dari penyakit Campak dan Rubella melalui pentingnya pemberian Imunisasi ini, tentu semua demi anak-anak di Kabupaten Bangka bebas dari penyakit Campak dan Rubella," Sopianto. 

Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help