Selama Ramadan, Penggunaan Media Sosial di Jaringan Telkomsel Naik 24 Persen

Penggunaan layanan data Telkomsel didominasi pemakaian media sosial yang meningkat 24 persen dibandingkan hari biasa.

Selama Ramadan, Penggunaan Media Sosial di Jaringan Telkomsel Naik 24 Persen
Istimewa
Penggunaan layanan data didominasi pemakaian media sosial yang meningkat 24 persen dibandingkan hari biasa. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dalam kurun waktu 20 hari pertama di bulan Ramadan 1439 Hijriyah, pelanggan Telkomsel semakin aktif menggunakan layanan data.

Rata-rata pelanggan mengonsumsi 134 MB layanan data setiap harinya pada bulan Ramadan atau meningkat sekitar 23 persen dibandingkan hari biasa.

Penggunaan layanan data didominasi pemakaian media sosial yang meningkat 24 persen dibandingkan hari biasa.

Media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data di jaringan Telkomsel dengan 35,3 persen, diikuti video streaming (31 persen), layanan pesan instan (12,8 persen), berbagai layanan Google (7,3 persen), dan games (2,4 persen).

Sementara itu, beberapa aplikasi yang menjadi favorit pelanggan selama Ramadan tahun ini adalah YouTube yang berkontribusi terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 25,2 persen, diikuti Instagram (18,6 persen), Facebook (15,8 persen), WhatsApp (11,3 persen), dan Google (7,3 persen).

General Manager External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan pihaknya telah menyiagakan jaringan berkualitas untuk memfasilitasi perilaku pelanggan yang semakin aktif untuk berinteraksi di media sosial maupun menggunakan layanan digital lainnya saat Ramadan.

"Secara khusus, Telkomsel telah membangun 12.000 BTS multiband LTE, menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, serta menambah kapasitas gateway internet 66 persen dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps," kata Denny dalam rilis kepada Bangkapos.com, Senin (11/6/2018).

Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel.

16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.

Seluruh upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018.

Hingga kuartal pertama 2018, Telkomsel telah melayani lebih dari 108 juta pengguna layanan data, di mana 55 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G.

Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI 2018 didukung lebih dari 167 ribu BTS di seluruh Indonesia, termasuk lebih dari 35 ribu BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help