Tiba ke Singapura Naik Pesawat Mewah, Ternyata Kim Jong Un Pinjam dari Perdana Menteri China

Tiba ke Singapura Naik Pesawat Mewah, Ternyata Presiden Kim Jong Un Pinjam dari Perdana Menteri China

Tiba ke Singapura Naik Pesawat Mewah, Ternyata Kim Jong Un Pinjam dari Perdana Menteri China
AFP
Kim Jong Un 

BANGKAPOS.COM -- Air China Boeing 747 yang dipakai pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke Singapura adalah jet pribadi dari Perdana Menteri China Li Keqiang, Kim Jong Un memilih tak menggunakan pesawat Chammae-1 yang biasa ia pakai.

Menerjemahkan artikel dari asiaone yang melansir laporan Apple Daily Hong Kong melaporkan Senin (11/6/2018), Kim meminjam pesawat itu untuk datang ke Singapura, dalam rangka pertemuan dengan petinggi Singapura dan Presiden AS, Donald Trump.

Moda transportasi yang biasa digunakan Kim adalah pesawat terbangnya sendiri, Chammae-1, tetapi tampaknya ia telah meminta bantuan dari China karena masalah keamanan terkait kondisi jet-nya.

Chammae-1 adalah Ilyushin Il-62 yang direkonstruksi, pesawat jet jarak jauh Soviet Itu dihentikan produksinya pada tahun 1995.

 Chammae-1
Chammae-1 (grid.id)

Meskipun pesawat jet jarak jauh dapat terbang hingga 10.000 kilometer, tentunya dengan mudah dapat menempuh jarak 4.600 kilometer antara Pyongyang dan Singapura,

Namun usia jet itu dapat menghalangi pemimpin Korea Utara menggunakannya untuk perjalanan luar negerinya ke tempat selain China sejak mengambil alih kekuasaan.

Apple Daily mengatakan Kim dapat merundingkan pinjaman dengan Presiden China Xi Jinping selama kunjungannya ke Dalian, China, pada bulan Mei.

Empat pesawat Boeing digunakan oleh kepemimpinan politik Cina: B-2443, B-2445, B-2447, B-2472.

Pesawat Xi adalah B-2472, sedangkan Premier Li adalah B-2447, yang dikendarai Kim.

B-2447 adalah pesawat berumur 23 tahun yang berfungsi sebagai pembawa penumpang normal ketika tidak digunakan oleh Li.

Halaman
123
Penulis: teddymalaka
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help