Para Remaja Kabupaten Bangka Bentuk Forum GENRE Sepintu Sedulang

Para remaja di Kabupaten Bangka membentuk Forum Perkumpulan Forum GENRE Sepintu Sedulang

Para Remaja Kabupaten Bangka Bentuk Forum GENRE Sepintu Sedulang
ISt
Forum Perkumpulan Forum GENRE Sepintu Sedulang 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Para remaja di Kabupaten Bangka membentuk Forum Perkumpulan Forum GENRE Sepintu Sedulang saat kegiatan Silaturahmi Remaja dan Musyawarah GENRE Kabupaten Bangka, Senin (11/6/2018) di Madrasyah Aliyah Negeri 1 Sungailiat.

Forum ini sebagai wadah perkumpulan dan berkarya generasi muda khususnya kalangan remaja di Kabupaten Bangka.

Musyawarah tersebut dihadiri 89 peserta yg merupakan remaja perwakilan dari Pusat-Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) yang ada di Kabupaten Bangka.

Mereka merupakan purna peserta kemah konselor remaja tingkat nasional yang diselenggarakan Mei lalu di Provinsi Kepualaan Bangka Belitung.

Sebelum musyawarah peserta, disuguhkan materi terkait GENRE (Generasi Berencana) dan Peran Remaja Indonesia) yang dipaparkan oleh Arinda Unigraha (Duta Babel Tahun 2017 utusan Kabupaten Bangka).

Selanjutnya dilakukan paparan kondisi PIK-R di sekolah masing-masing dan musyawarah pembentukan forum serta diakhiri dengan Tausiyah Kreatifitas Remaja oleh dr Zarril Khifari selaku salah satu Pembina PIK Galakksi Kabupaten Bangka.

Selain itu kegiatan inj dihadiri Boy Yandra selaku Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bangka.

Ia memaparkan secara langsung kondisi remaja di Kabupaten Bangka dan memberikan dukungan penuh terhadap pembentukan Forum Genre Sepintu Sedulang.

"Saya sangat mendukung inisiasi pembentukan forum ini. Remaja Kabupaten Bangka harus terus kita dukung. Mereka harus dipersiapkan sebagai Generasi Emas Indonesia yang siap menghadapi bonus demografi. Jangan sampai bonus demografi yang seharusnya menjadi keuntungan bagi kita, malah menjadi bencana," ingat Boy Yandra.

Ia berharap forum ini dapat menjadi pemicu semangat teman-teman sebayanya untuk aktif mengkampanyekan gerakan-gerakan sadar kependudukan, kesehatan reproduksi remaja, menghindari triat KRR (Napza, HIV/AIDS, dan free seks) serta pendewasaan usia perkawinan.

Menurut Arinda Unigraha selaku inisiator kegiatan ini menyampaikan bahwa Forum GENRE Sepintu Sedulang ini dibentuk dengan tujuan mendukung program-program pemeritah pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka. Dengan adanya forum ini akan menjadi jembatan dan jaringan yg luas bagi para pengelola Pusat Informasi Konseling (PIK-R) jalur pendidikan/sekolah dan jalaur masyarakat untuk dapat mengembangkan diri.

"PIK R melalui program GENRE memang belum begitu populer di kalangan remaja Kabupaten Bangka namun, dengan adanya Forum ini kami berharap terjadi percepatan penyampaian informasi kepada remaja. Forum ini juga berperan sabagai wahana edukasi, koseling, dan rujukan bagi remaja-remaja bermasalah melalui metode pendidik-konselor sebaya," jelas Arinda.

Para peserta sangat antusias dengan inisasi pembentukan forum ini, ditambah dengan kehadiran langsung Boy Yandra sebagai wujud dukungan nyata pemeritah kabupaten Bangka untuk mencegah dan menangani permasalahan remaja melalui forum ini menjadi penambah semangat bagi peserta.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved