Penertiban Lapak Pedagang di Pasar Kite Sungailiat Ricuh, Anggota Satpol PP Dipukul Warga

Pengamanan yang dilakukan Tim Satpol PP Kabupaten Bangka, Kamis (14/6/2018) pagi sempat ricuh saat melakukan penertiban pedagang

Penertiban Lapak Pedagang di Pasar Kite Sungailiat  Ricuh, Anggota Satpol PP Dipukul Warga
(ist/satpol pp kabupaten bangka)
Tim Satpol PP Kabupaten Bangka saat melakukan pengamanan, Kamis (14/6/2018) di Kawasan Pasar Kite Sungailiat 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Pengamanan yang dilakukan Tim Satpol PP Kabupaten Bangka, Kamis (14/6/2018) pagi sempat ricuh saat melakukan penertiban pedagang pada H-1 Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah/Tahun 2018 di Kawasan Pasar Kite Sungailiat.

Ketika melakukan penertiban pedagang agar lebih tertib, di depan Kantor UPT Pasar Sungailiat, di pintu masuk pasar, SA tidak terima dengan tindakan pihak Satpol PP yang menertibkan lapak milik bapaknya yang berjualan buah.

Saat itu Anggota Satpol PP Kabupaten Bangka DW sedang mengatur pedagang buah agar rapi dan tidak mengganggu arus lalu lintas karena jalan ramai dan sempit.

Namun tidak terima dengan penertiban tersebut, SA yang emosi memukul DW hingga mengalami luka lebam di wajahnya. Akhirnya bentrok fisik yang terjadi tersebut segera dilerai oleh anggota satpol pp lainnya dan para pedagang.

Kejadian pemukulan yang dilakukan anak pedagang kepada Anggota Satpol PP Kabupaten Bangka tersebut diakui Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpoll PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman saat dikonfirmasi bangkapos.com.

"Situasi aman terkendali. Tidak ada kendala berarti cuma ada sedikit gangguan terhadap anggota satpol. Ada pemukulan ke anggota kami oleh anak pedagang. Ada kesalahpahaman dikit dari anak pedagang. Mungkin nggak terima diberi pengertian biar tertib pedagang," ungkap Suherman.

Akibat bentrok fisik tersebut, pihaknya dari Satpol PP langsung melakukan mediasi, tetapi pelaku menurut Suherman melarikan diri dan saat kejadian pelaku menggunakan senjata tajam. Pihaknya sudah melaporkan kejadian pemukulan tersebut ke pihak kepolisian.

Untuk itu Suherman menyarankan agar kedepan sebelum pedagang musiman masuk dirapatkan dulu ke Pemkab Bangka sehingga bisa di atur agar tidak mengganggu kepentingan umum.

"Inilah kadang mereka ni mengaturnya yang menang lelang parkir. Harusnya koordinasi dulu jadi tidak terjadi salah paham. Kalau di rapatkan dulu dengan pihak-pihak terkait pasti akan rapi ditata," sara Suherman.

Sejauh ini untuk situasi dan kondisi di Kawasan Pasar Kite Sungailiat aman terkendali. Pihaknya juga sempat memantau harga kebutuhan pokok dan daging sapi dimana pada H-1 ini harga daging dikatakan Suherman melonjak menjadi Rp 150.000 perkilogram.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help