Ini Keistimewaan dari Puasa Syawal

Puasa Syawal selama 6 hari setelah idul fitri dilakukan secara berurutan.

Ini Keistimewaan dari Puasa Syawal
Istimewa
Ilustrasi Puasa 

BANGKAPOS.COM - Memasuki bulan Syawal, umat Muslim disunnahkan untuk melakukan puasa Syawal.

Puasa Syawal dilakukan selama 6 hari dan diutamakan untuk dilakukan secara berurutan.

Puasa Syawal dilakukan sehari setelah Idul Fitri, yakni pada hari kedua bulan Syawal.

Lalu apa keutaman puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal?

Dalam salah satu hadist dijelaskan bahwa mereka yang melakukan puasa sunnah 6 hari bulan Syawal ini memiliki keutamaan seperti berpuasa selama satu tahun.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

 Dilansir TribunWow.com dari situs resmi NU Online, orang yang berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah berpuasa penuh Ramadhan seakan berpuasa setahun penuh puasa wajib.

Hal tersebut dijelaskan antara lain oleh Syekh Ibrahim Al-Baijuri dalam Hasyiyatul Baijuri ‘alâ Syarhil ‘Allâmah Ibni Qasim sebagai berikut.

(وستة من شوال) أي لخبر من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر فإن صيام رمضان بعشرة أشهر وصيام الستة من شوال بشهرين فذلك كصيام السنة والمراد أنه كصيامها فرضا والا فلا خصوصية لذلك لأن الحسنة بعشرة أمثالها

Artinya, “Salah satu puasa sunah adalah (puasa enam hari di bulan Syawal) berdasarkan hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa yang berpuasa Ramadhan, lalu mengiringinya dengan enam hari puasa di bulan Syawal, ia seakan berpuasa setahun penuh. Karena, puasa Ramadhan setara dengan puasa sepuluh bulan. Sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Semua itu seakan setara dengan puasa setahun penuh’.

Pelaksanaan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal sama dengan berpuasa di bulan Ramadan, yakni melakukan sahur dan berhenti sahur saat masuk waktu imsak.

Bedanya, saa melaksanakan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal, boleh dilakukan berurutan atau berselang hari asalkan masih masuk di bulan Syawal. (*)

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved