Lebaran, Trafik Data Telkomsel Naik Hingga Lebih dari 29 Persen

Sedangkan pada hari Lebaran, kenaikan mencapai 122 persen dibandingkan dengan periode yang sama

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Naik Hingga Lebih dari 29 Persen
Ist
Layanan GraPARI Telkomsel tetap melayani seluruh pelanggan demi memastikan kenyamanan berkomunikasi selama masa lebaran. 

BANGKAPOS.COM-- Trafik data Telkomsel mencatat kenaikan hingga lebih dari 29 persen di H-1 Lebaran atau Malam Takbiran 2018 hingga Hari pertama Idulfitri.

Sedangkan pada hari Lebaran, kenaikan mencapai 122 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017.

Rilis yang diterima Pos Belitung Jumat (15/6l menyebutkan trafik penggunaan layanan yang tertinggi terkonsentrasi di wilayah Kota Medan, Kota Pekanbaru, dan Kota Palembang yang merupakan destinasi utama mudik dan daerah wisata.

Pengunaan data di area ini menembus angka rata rata 219 TB (Terabyte) saat momen H-1 hingga hari pertamaLebaran.

Adapun wilayah yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data tertinggi dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2018 untuk Area Sumatera adalah Kota Pekanbaru yang kenaikannya terpantau hingga lebih dari 149 persen, menjadi sekitar 175 TB (Terabyte) saat momen H-1 hingga hari pertama Lebaran.

Trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar129 persen menjadi sekitar 3.30 TB (Terabyte).

Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2017. Jika dibandingkan dengan hari normal 2018, layanan ini mengalamikenaikan sekitar 33 persen.

Kenaikan juga masih tercatat tinggi di hari Lebaran, yaitu sekitar 29,25 persen menembus angka lebih dari 1440 TB (Terabyte. Jika dibandingkan dengan hari normal 2018, angka trafik data ini naik sekitar 31.72 persen.

Penggunaan layanan data pada H-1 Lebaran dan saat Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang dilalui atau disinggahi oleh pemudik, serta beberapa lokasi wisata Sumatera seperti Alun-alun Taman Merdeka Pangkal Pinang, Pos Kota Kerinci, Taman Kota Baturaja.

Adapun layanan suara dan SMS di momen lebaran ini tercatat cenderung stagnan. Layanan suara mengalami penurunan sebesar -0.48 persen di hari Lebaran, menjadi sekitar 487 juta menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di hari normal 2018. Sedangkan layanan SMS masih mencatat kenaikan sebesar 16 persen di malam takbiran.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99 persen.

Sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen. Artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.

Sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama periode mudik Lebaran. Optimalisasi jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Guna memastikan kesiapan jaringan dalam mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama periode Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan dititik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik.

Secara nasional, Telkomsel membangun 12,113 transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia guna menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai. (*)

Penulis: Novita
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help