Zakat, Infaq, Sadaqoh dan Fidyah di Masjid Agung Sungailiat Terkumpul Rp 114,8 Juta

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Agung Sungailiat mengumpulkan Zakat Fitrah dalam bentuk uang Rp 48.953.000 dari 1.594 muzaki.

Zakat, Infaq, Sadaqoh dan Fidyah di Masjid Agung Sungailiat Terkumpul Rp 114,8 Juta
Bangkapos.com/Nurhayati
Para jamaah sholat Ied Idul Fitri di Masjid Agung Sungailiat, Kamis (15/6/2018) . 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Agung Sungailiat selama satu minggu  menjelang Idul Fitri 1439 H mengumpulkan Zakat Fitrah dalam bentuk uang Rp 48.953.000 dari 1.594 muzaki. 

Sedangkan zakat fitrah dalam bentuk beras berjumlah 819 kg berasal dari 410 muzaki. Untuk zakat mal (harta) berjumlah Rp 114.849.150 , infaq dan sadaqoh terkumpul Rp 12. 467.150 dan fidyah sebesar Rp 11.004.000.

Untuk itu total keseluruhan UPZ Masjid Agung Sungailiat berhasil mengumpul dan bentuk uang dan beras dengan total dalam bentuk uang terkumpul Rp 187. 309.300 dan 869 kg beras.

Ketua Badan Pelaksana Pengelolaan Masjid Agung Sungailiat H Syaiful Zohri mengumumkan hasil pengumpulan zakat, infaq dan sadaqoh ini disela - sela menjelang sholat Ied Idul Fitri.

Ia menjelaskan, zakat fitrah telah disampaikan hingga sebelum dilaksanak sholat Ied.

Pengumpulan zakat fitrah, zakat harta, fidiya, infaq dan sadaqoh melalui Unit UPZ  Masjid Agung Sungailiat, Kamis (14/3/2018) hingga  jam 23.00 WIB.

Namun di pagi hari menjelang sholat masih ada muzaki yang menyerahkan zakat fitrah tetapi UPZ Masjid Agung tidak melayani lagi karena tidak ada waktu lagi untuk menyalurkan kepada yang berhak menerimanya.

 Menurutnya, Untuk zakat mal masih ada beberapa yang belum disampai dan akan disampaikan setelah Sholat Ied karena tidak ada masalah untuk zakat harta bila disampaikan setelah sholat Ied, kalau zakat fitrah selambat - lambatnya sebelum dilaksanakan sholat Ied.

"Kita bersyukur kepada Allah karena satu bulan penuh kita telah menjalanan perintah Allah di bulan Ramdhan dan kita laksanakan pembayaran zakat, zakat fitrah, zakat mal dan berbagai amalan lainnya, kini kita merayakan kemenangan itu dalam hari raya Idul Fitri," ungkap Syaiful Zohri melalui rilis yang dikirimkan oleh Humas dan Protokol Setda Bangka kepada bangkapos.com, Sabtu (16/6/2018) .

Ia menyampaikan  terimakasih karena selama satu bulan penuh ini mempercayai Masjid Agung sebagai tempat beribadah bersama - sama.

Pada kesempatan ini Syaiful juga mengucapkan terimakasih kepada jamaah yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan setiap hari di Masjid Agung dapat dilakukan penuh setiap hari selama Ramdan, dari mulai Subuh bersama hingga tarawih dan tadarus dapat dilaksanakan dengan lancar.

"Jamaah dan pihak keamanan baik Satpol PP dan anggota Polres Bangka kami mengucapkan terimakasih yang telah membantu pengamanan selama Ramadhan denganmemberikan kenyaman kepada jemaah," kata Syaiful.

Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved