Besok, Puri Tri Agung Sungailiat Rayakan Pe Chun

Kami mengharapkan dalam suasana Hari Kemenangan Idul Fitri ini, perayaan Pe Chun bisa membawa kebersamaan, kedamaian dan

Besok, Puri Tri Agung Sungailiat Rayakan Pe Chun
Bangkapos/Nurhayati
Puri Tri Agung 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Ada berbagai tradisi masyarakat Tionghoa di Kabupaten Bangka, diantaranya  ritual Sembahyang Ng Ngiat Ciat atau Sembahyang Laut atau dikenal juga  Hari Raya Pe Chun.

Hari Raya Peh Cun adalah sebuah tradisi untuk mengenang seorang bangsawan pada zaman Dinasti Chu tahun 340 SM yang bernama Qu Yuan.

Ng Ngiat Ciat sendiri berarti bulan ke 5 pada penanggalan China, yang kemudian Pe Cun selalu diperingati pada Tanggal 5 Bulan 5 pada hitungan  Kelender Tionghoa.

Tahun ini, 2018, Pe Chun  bakal kembali diperingati. Satu diantara tempat peringatan  Pe Chun adalah Puri Tri Agung Pantai Tikus  Sungailiat Bangka.

Ketua Harian Puri Tri Agung Sungailiat yang juga merangkap sebagai Ketua
Panitia Pe Chun, Then Yohanes, Minggu (17/6/2018) mengundang masyarakat Sungailiat Bangka hadir pada acara ini. 

"Pelaksanaannya secara sederhana di Puri Tri Agung Sungailiat dalam rangkaian doa. Acara dilaksanakan Hari  Senin, Tanggal 18 Juni 2018, Pukul 08.00 hingga 17.00 WIB," katanya.

Diakui Yohanes, paksanaan Pe Chun kali ini dirayakan sama seperti tahun sebelumnya, yaitu pada Tanggal 5 Bulan 5 penanggalan Imlek.

"Tujuannya agar tradisi budaya Pe Chun tetap berlangsung di Masyarakat Bangka dan Bangka Belitung pada umumnya.
Dan Puri Tri Agung selalu memeriahkannya dengan berbagai makanan Kue Suichung dan Cung Vegetarian," katanya.

Berbagai undangan, baik resmi dalam bentuk kartu undangan maupun melalui pemberitahuan dan lisan ke berbagai kalangan sudah disebarkan.

"Termasuk undangan untuk masyarakat umum. Kami mengharapkan dalam
suasana Hari Kemenangan Idul Fitri ini, perayaan Pe Chun bisa membawa kebersamaan, kedamaian dan kebahagian bagi seluruh umat manusia,  terutama masyarakat Sungailiat, Bangka Propinsi Kepulauan Bangka Belitung," harapnya.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved