Kisah Menegangkan Perempuan Berkebangsaan Amerika Serikat Menyelamatkan Nyawa Sukarno

Saat ini kelihatanya ada yang sedang mengatur rencana membunuh Presiden Sukarno dan menggulingkan pemerintahan

Kisah Menegangkan Perempuan Berkebangsaan Amerika Serikat Menyelamatkan Nyawa Sukarno
Sri Sultan Hamengkubuwana IX bersama Bung Karno 

BANGKAPOS.COM--"Saat ini kelihatanya ada yang sedang mengatur rencana membunuh Presiden Sukarno dan menggulingkan pemerintahan,”kata seorang perwira tentara RI pasca kemerdekaan berpangkat Mayor yang namanya tak disebutkan oleh K’tut Tantri dalam autobiografinya yang berjudul Revolt In Paradise.

Muriel Stuart Walker atau lebih dikenal dengan nama K’tut Tantri,adalah seorang perempuan berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir di Skotlandia pada 18 Februari,1898.

Ia kemudian memutuskan pindah ke Bali setelah mengaku terpesona setelah melihat film berjudul Bali,The Last Paradise.

Ia adalah wanita berkebangsaan asing yang sempat tinggal di bali dan kemudian membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia di Surabaya dengan cara menjadi seorang penyiar radio yang menyebarkan berita tentang perjuangan Indonesia dalam melawan penjajah.

Selain mengaku membantu gerarakan kemerdekaan di Surabaya,K’tut Tantri juga mengaku pernah mengagalkan usaha penggulingan atas Presiden Sukarno dari kursi kepemerintahan RI dalam autobiografinya.

Seorang Mayor yang tak mau ia sebutkan dalam bukunya,meminta bantuanya untuk membuka kedok rencana penggulingan Presiden Sukarno oleh sejumlah orang yang tergabung dalam suatu komplotan.

Untuk membuka kedok komplotan ini,sang Mayor memberi informasi bahwa ada seorang wanita ningrat yang dapat dijadikan pembuka informasi mengenai komplotan ini.

Wanita ningrat itu tak disebutkan namanya dalam buku,namun disebutkan bahwa ia adalah seorang antek Belanda yang percaya pada takhayul dan suaminya adalah seorang pria yang berporfesi sebagai pegawa tinggi bank milik Belanda di Bandung.

K’tut Tantri mengaku alasan ia dimintai bantuan untuk mengagalkan rencana pembunuhan ini adalah karena ia pernah ditangkap tentara Jepang karena diangggap sebagai mata-mata Amerika dan ia dikenal sebagai seseorang yang bisa meramalkan nasib.

Mayor itu sudah merencanakan rencananya sedemekian rupa,dari hal seperti bagaimana nama K’tut Tantri dapat sampai ke telinga wanita itu hingga bagaimana caranya agar pihak Amerika yang sebenarnya,tidak mengetahui apa-apa tentang rencana ini atau bahkan mengintervensi keberlangsunganya.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved