Kisah Warga Pangkalpinang Lebaran di Hongkong, Lupa Bawa Alas Salat Hingga Cari Restoran Indonesia

Bukan tanpa alasan ia tak mudik tahun ini, namun karena harus menemani sang suami bekerja, mau tak

Kisah Warga Pangkalpinang Lebaran di Hongkong, Lupa Bawa Alas Salat Hingga Cari Restoran Indonesia
Ist
Suasana Sholat Ied yang diselenggarakan oleh KJRI Hongkong di Victoria Park 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Momen lebaran Idulfitri adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim untuk berkumpul bersama sanak saudara dan orang tua.

Namun, tak semua kesempatan itu dapat dimiliki oleh semua orang, ada beberapa umat muslim yang harus merayakan hari besar tersebut jauh dari keluarga tersayang.

Adalah Amelia Prima, seorang wanita yang berasal dari Kota Pangkalpinang yang tahun ini harus rela merayakan Idulfitri di tanah rantau, di kota Hongkong, Republik Rakyat Tiongkok lebih tepatnya. 

Amelia
Amelia (Ist)

Bukan tanpa alasan ia tak mudik tahun ini, namun karena harus menemani sang suami bekerja, mau tak mau rasa rindu akan kemeriahan lebaran di Pulau Bangka harus dibendung terlebih dahulu.

"Lebaran tahun ini pertama kalinya saya tidak mudik ke Bangka, biasanya selalu mudik. Sebenarnya saya dan suami sekarang tinggal di Manila, Filipina tapi kebetulan suami mengajak untuk merayakan lebaran di Hongkong sekalian suami saya ada urusan kerjaan disini," tutur Amelia kepada Bangka Pos melalui aplikasi pesan instan, Minggu (17/6/2018).

Ternyata untuk melaksanakan sholat Ied di Hongkong tak terlalu sulit seperti dalam benaknya, setelah mencari informasi di internet tak jauh dari tempatnya menginap ada sebuah masjid yang lumayan besar yang akan melaksanakan sholat Ied berjamaah.

Kemudian, ia pun mendapatkan kabar bahwa Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hongkong pun menggelar sholat Ied berjamaah di sebuah lapangan besar bernama Victoria park di pusat kota Hongkong.

"Saya kira akan susah mencari masjid atau komunitas muslim di Hongkong karena mayoritas mereka bukanlah penduduk muslim, tapi ternyata semuanya di luar ekspektasi saya, bahkan ketika akan sholat Ied di Victoria park pun sangat banyak sekali orang Indonesia yang datang, lapangannya hampir penuh," jelasnya.

Ada satu pengalaman menarik bagi Amelia ketika ia hendak melaksanakan sholat Ied di Victoria Park tersebut.

Halaman
12
Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help