Tiga Cara Cermati Pita Cukai Rokok yang Asli atau Palsu

Ada tiga cara membedakan pita cukai rokok asli atau palsu, dengan mata telanjang, kaca pembesar, dan lampu ultraviolet.

Tiga Cara Cermati Pita Cukai Rokok yang Asli atau Palsu
Dok/Bapos
Divisi Penyuluhan Layanan & Informasi Beacukai Wilayah Bangka Belitung, Rohman. 

Laporan Wartawan Bangkapos, Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Ada tiga cara membedakan pita cukai rokok asli atau palsu, dengan mata telanjang, kaca pembesar, dan lampu ultraviolet.

Hal disampaikan Petugas Beacukai Babel Divisi Penyuluhan Layanan & Informasi,  Rohman kepada Bangkapos melalui pesan singkat, Minggu (17/6/2018).

"Dengan mata telanjang bisa dilihat dari kertas cukainya, ada tanda serat atau tidak. Kemudian memakai kaca pembesar bisa melihat hologram secara jelas, di hologram itu serat terlihat lebih jelas," ucap rohman.

Bintang segi enam terlihat bertebaran di hologram. Tergambar juga lambang negara Republik Indonesia, lambang Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Ketika disorot memakai lampu sinar ultraviolet (UV) maka akan terlihat tebaran serat berbentuk batang pendek berwarna oranye, jingga, dan biru.Itulah gambaran hologram pita cukai asli yang dilekatkan di rokok.

Rohman juga menuturkan banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk memalsukan pita cukai, jadi masyarakat harus cermat dalam melihat pita cukai yang asli dan palsu.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help