Tak Tergantung Musim, Nelayan Sungaiselan Tangkap Udang Satang Pakai Blad

Nelayan disini bisa menangkap udang Satang sepanjang tahun, tidak tergantung musim hanya tergantung kepada pasang surut

Tak Tergantung Musim, Nelayan Sungaiselan Tangkap Udang Satang Pakai Blad
Bangkapos/Edwardi
Nelayan tradisional terlihat sedang memasang Blad atau sejenis jaring yang dirancang khusus untuk menangkap udang Satang di pinggiran Sungai Selan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Para nelayan tradisional di Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah sepanjang tahun mengandalkan hasil tangkapan udang Satang atau udang galah di sepanjang aliran Sungai Selan.

Mereka menggunakan alat tangkapan yang disebut Blad, yakni sejenis jaring yang dirancang khusus untuk menangkap udang Satang.

Khairil, nelayan Sungai Selan mengatakan populasi udang Satang di aliran Sungai Selan masih lumayan banyak.

"Nelayan disini bisa menangkap udang Satang sepanjang tahun, tidak tergantung musim hanya tergantung kepada pasang surut air laut saja," kata Khairil yang ditemui di dermaga kapal nelayan Sungai Selan, Selasa (19/06/2018).

Dijelaskannya, saat air sungai surut nelayan memasang Blad di pinggiran sungai dengan diikatkan pada batangan kayu berjarak sekitar 5-6 meter.

"Setelah itu dibiarkan beberapa waktu hingga menunggu air pasang sambil terus dikontrol untuk melihat udang Satang yang terjebak dalam Blad, kalau sudah ada yang terjebak kita ambil dan kumpulkan," ujarnya.

Ditambahkannya bila air sungai sudah pasang terlalu tinggi atau dalam maka Blad dibiarkan saja hingga air sungai surut kembali baru bisa dilihat lagi apakah ada udang Satang yang terjebak.

"Kadang-kadang selain mendapatkan Udang Satang kita juga mendapatkan ikan, seperti ikan kakap dan lainnya," ungkapnya.

Dikatakannya untuk harga jual udang Satang saat ini untuk ukuran kecil dan sedang sekitar Rp 80.000 per kg dan ukuran besar Rp 125.000 per kg.

"Biasanya dalam sekali melaut paling sedikit dapat 2 kg hingga 5 kg, bila lagi ada rejeki kadang bisa dapat hingga 10 kg," ujarnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help