AS Tiba-tiba Mengundurkan Diri Dari Dewan Hak Asasi Manusia di PBB, Alasannya Karena Ini

Sebelumnya, AS juga telah menarik diri dari organisasi internasional dan perjanjian multinasional, termasuk perjanjian iklim Paris...

AS Tiba-tiba Mengundurkan Diri Dari Dewan Hak Asasi Manusia di PBB, Alasannya Karena Ini
mynewshub
Nikki Haley 

JURU bicara Donald Trump, pada Selasa kemarin menyatakan bahwa Amerika Serikat (AS) tidak lagi menjadi anggota salah satu badan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

AS mengumumkan menarik diri dari Dewan Hak Asasi Manusia, sebagaimana dilaporkann kantor berita Xinhua, yang dilansir melalui laman mynewshu.

Perwakilan tetap AS ke PBB, Nikki Haley mengatakan, langkah itu dilakukan karena dewan dianggap gagal melaksanakan "perubahan besar, dramatis dan sistematis" seperti yang diinginkan oleh AS.

"Seperti yang dikatakan tahun lalu, jika kita tidak melihat kemajuan, AS akan secara resmi menarik diri," kata Haley pada konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Dia menyebut badan ( Dewan Hak Asasi Manusia --) tersebut menjadi pelindung pelanggar hak asasi manusia dan sering menjadi pengambil keputusan politik yang berat sebelah.

Selain itu, ia juga mengkritik terhadap badan tersebut yang dianggapnya berlagak baik dan memiliki agenda pribadi dengan menerima keanggotaan negara yang tidak begitu baik dari hak-hak asasinya.

Selain itu, juga telah memberi tumpuan yang tidak wajar, serta berat sebelah atas kekejaman terhadap Israel.

Sebelumnya, AS juga telah menarik diri dari organisasi internasional dan perjanjian multinasional, termasuk perjanjian iklim Paris, Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya PBB (UNESCO) dan perjanjian nuklir Iran.

Tak lama setelah pengumuman, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan kekecewaannya atas keputusan AS.

"Dia (Sekjen) berpandangan bahwa lebih baik AS tetap di Dewan Hak Asasi Manusia. Peran dewan sangat penting dalam mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia di seluruh dunia," kata juru bicara Sekretaris Jenderal Stephane Dujarric kepada wartawan.

Halaman
12
Penulis: asmadi
Editor: asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help