Tidak Bisa Tunjukkan E-KTP atau Suket Tetap Bisa Nyoblos Asalkan Memenuhi Syarat Ini

Pemilih yang terdaftar dalam DPT tidak dapat menunjukkan KTP-El atau Suket diperbolehkan menggunakan hak pilihnya

Tidak Bisa Tunjukkan E-KTP atau Suket Tetap Bisa Nyoblos Asalkan Memenuhi Syarat Ini
SERAMBINEWS.COM
Ilustrasi pemilu pencoblosan pilkada 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - KPU RI akhirnya mengeluarkan Surat Edaran nomor 547/PL.03.6-SD/06/KPU/VI/2018 tertanggal 8 Juni 2018 lalu.

Dalam surat tersebut menyatakan bagi pemilih yang terdaftar dalam DPT tidak dapat menunjukkan KTP-El atau Suket diperbolehkan menggunakan hak pilihnya dengan ketentuan petugas KPPS memastikan bahwa formulir model C6-KWK yang dibawa sesuai dengan pemilih yang bersangkutan.

"Jadi petugas KPPS itu tahu kalau C6 itu milik pemilih yang bersangkutan dan dicek di DPT ternyata itu benar," kata Divisi Parmas dan Kampanye Yudi Aryanto, Rabu (20/6/2018).

Menurut Yudi, dalam aturan sebelumnya bagi pemilih yang datang ke TPS tidak bisa menunjukkan KTP-El atau Suket tidak bisa memberikan hak pilihnya.

Ia menilai perubahan aturan tersebut kemungkinan untuk mempertimbangkan angka partisipasi masyarakat.

"Memang dalam bimtek sebelumnya yang disampaikan itu wajib menunjukkan KTP-El atau Suket. Sekarang tidak lagi dengan C6 pun bisa," katanya.

Selain itu, kata dia, dalam surat edaran tersebut juga mengakomodir bagi pemilih yang sakit dan tidak bisa menuju TPS.

Akan tetapi, harus dilaporkan pihak keluarga kepada petugas KPPS. Kemudian petugas KPPS akan meminta persetujuan dari para saksi serta pengawas TPS.

Setelah mendapat persetujuan maka, Ketua KPPS beserta para saksi dan pengawas TPS akan mendatangi rumah yang bersangkutan dengan tetap menjaga kerahasian.

"Tapi petugas KPPS juga harus mempertimbangkan kondisi di TPS juga. Kalau memang masih ramai jangan dulu, tunggu saat pemilih di TPS sudah agak renggang," katanya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help