Bawaslu Babel Ungkap Ada 14 Pelanggaran dan Temuan Pilkada Serentak di Babel

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sejumlah pelanggaran Pilkada serentak 2018

Bawaslu Babel Ungkap Ada 14 Pelanggaran dan Temuan Pilkada Serentak di Babel
Bangka Pos / Krisyanidayati
Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sejumlah pelanggaran Pilkada serentak 2018 yang dilaksanakan di tiga kabupaten/kota di Babel.

Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan menyampaikan jenis pelanggaran yang ditemukan di Bawaslu tiga kabupaten/kota yakni pelanggaran administrasi sebanyak 11 laporan, pelanggaran pidana 2 kasus, pelanggaran lainnya 1 kasus, dan bukan pelanggaran sebanyak 12 laporan.

"Bentuk pelanggaran lainnya misalnya penyebaran pemasangan APK yang tidak sesuai dengan keputusan KPU dan ketetapan KPU," katanya usai menghadiri rapat bersama kesiapan pilkada serentak, Rabu (20/6/2018) malam.

Sedangkan untuk katagori bukan pelanggaran, ia menjelaskan merupakan laporan dari masyarakat namun tidak terbukti sebagai pelanggaran baik secara formil maupun materil.

"Setiap laporan yang masuk itu, Panawas melakukan kajian, dari situ dikategorikan bukan pelanggaran karena tidak terbukti baik materil maupun formil," katanya.

Edi menjelaskan berdasarkan catatan pihaknya, selama tahapan pilkada serentak ada 17 temuan dan 9 laporan yang ditemukan pihaknya di Bawaslu tiga kabupaten/kota.

"Dari seluruh tahapan mulai dari rekrutmen hingga penetapan daftar pemilih ada sekitar 17 temuan dan 9 laporan yang diterima jajaran kami di tingkat kabupaten," bebernya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved