Menguak Jalur-Jalur Gelap Untuk Masuk PTN hingga Sewa 'Dukun PTN'

Ambisi untuk masuk PTN, boleh lah menyala-nyala, asalkan perjuangan yang kamu tempuh memang di jalur yang halal.

Menguak  Jalur-Jalur Gelap Untuk Masuk PTN hingga Sewa 'Dukun PTN'
Jalur Gelap Masuk PTN
Jalur Gelap Masuk PTN 

BANGKAPOS.COM– Apa kabar kuliah, sob? Masih keinget nggak sama susahnya soal matematika dasar di SBMPTN kemarin? Sekarang ini kamu lagi sibuk ngapain nih? HAI yakin, sih, banyak yang masih gigih belajar untuk ujian mandiri.

Ambisi untuk masuk PTN, boleh lah menyala-nyala, asalkan perjuangan yang kamu tempuh memang di jalur yang halal.

Loh, emang ada jalur yang belum dapet sertifikat halal?

Jangan salah, sob, di zaman banyak pemain Mobile Legends akunnya diblokir gegara pake cheat ini, untuk masuk perguruan tinggi plat merah pun ada cara-cara curangnya.

Selain lewat jalur SBMPTN, SNMPTN, dan ujian mandiri, ada sejumlah jalur gelap yang cuma bakal terbuka pakai uang puluhan bahkan ratusan juta.  

Awalnya juga HAI nggak mau percaya, sampai HAI bertemu dengan sejumlah mahasiswa yang pernah mendapat tawaran dan menggunakan jalur tersebut lalu mengungkapnya.

O ya, HAI juga sempat ngobrol dengan para “dukun” yang terima jasa masuk PTN tanpa pusing-pusing ngurusin ujian.  Simak ceritanya:

Karpet Merah Dari Kantor Orang Tua

Yang satu ini nggak bisa serta merta disebut jalur haram, walaupun tetap gelap nggak banyak diketahui, sih.

Jadi, sejumlah instansi yang punya hubungan khusus dengan universitas negeri dikasih tiket khusus untuk keluarga karyawannya. Biasanya, jalur ini disebut jalur kemitraan

Halaman
1234
Editor: zulkodri
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved