Polda Catat Ada 264 TPS Rawan Pada Pilkada Serentak 2018 di Babel

Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 264 dari total 1319 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga kabupaten kota di Babel rawan

Polda Catat Ada 264 TPS Rawan Pada Pilkada Serentak 2018 di Babel
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Rapat koordinasi persiapan penyelenggara Pilkada Serentak 2018 di tiga kabupaten kota di Babel, Rabu (20/6/2018) malam. Rakor digelar di sebuah restauran yang ada di Bhay Park, samping Mapolda Babel. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat sebanyak 264 dari total 1319 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga kabupaten kota di Babel yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018 sebagai TPS rawan.

Rinciannya 5 TPS kategori rawan I di Pangkalpinang, kemudian, sebanyak 210 TPS rawan I dan 24 TPS rawan II di Sungailiat. Lalu, sebanyak 17 TPS rawan I, 6 rawan II, dan 2 rawan khusus di Kabupaten Belitung.

Titik-titik TPS rawan ini disampaikan pada acara Rapat Koordinasi ‎(Rakor) Persiapan Pilkada Serentak di tiga kabupaten/kota yang digelar di sebuah rumah makan, Bhay Park, samping Mako Polda Babel, Rabu (20/6/2018) malam tadi. Pilkada Serentak 2018 di Babel setidaknya akan diamankan sebanyak 779 personel Polri, 2638 personel Linmas, dan pengamanan dari berbagai satuan lainnya.

Karo Ops Polda Babel Kombes SM Manurung menuturkan‎, tiap TPS akan diamankan dua personel Polri.‎ "Satu dari Polres, satu dari Polda. Mereka harus mengetahui dan memahami masalah seperti lingkungan TPS dan geografis di TPS mereka bertugas Polres yang akan mengarahkan," ujar Manurung seusai rakor.

‎Dia menjelaskan, Pola Pam ditentukan oleh kepolisian. Pihaknya membagi kriteria TPS menjadi Aman, Rawan I, Rawan II, dan Rawan Khusus.

"Rawan ini lebih karena jarak. Yang dikatakan aman itu minimal setengah jam dari kantor polisi. Itu aman. Kalau satu sampai dua jam itu rawan I, rawan II itu kendala geografis misalnya ke pulau-pulau, naik speed, naik motor. Rawan ini maksudnya memastikan surat suara itu sampai apa tidak ke kecamatan dan kabupaten," ucap Manurung.

Kapolda Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri berharap pelaksanan Pilkada Serentak 2018 di Babel dapat berjalan aman dan lancar. Dia menekankan, personel Polri yang ditugaskan di TPS-TPS harus sudah tahu betul tugas pokok dan fungsinya mulai kesiapan, pelaksanaan dan sesudaah pemilihan selesai. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help