Dukcapil Belitung Buka Pelayanan Khusus Pada Saat Pencoblosan

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung, Rabu (27/6/2018) mendatang membuka pelayanan khusus buat pemilih

Dukcapil Belitung Buka Pelayanan Khusus Pada Saat Pencoblosan
Bangka Pos / Disa Aryandi
Suasana rakor Pilkada, Jumat (22/6) di ruang rapat Bupati Belitung. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung, Rabu (27/6/2018) mendatang membuka pelayanan khusus buat pemilih.

Pelayanan tersebut sebagai bentuk dukungan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 mendatang.

Pelayanan ini dibuka, atas instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sesuai surat edaran nomor 270/10.405/Dukcapil.

Namun pelayanan khusus ini, hanya diberlakukan selama waktu pencoblosan. Pelayanan ini juga, diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia bagi Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada.

"Tujuannya untuk mengantisipasi di lapangan apabila ada ketidaksesuaian data (pemilih), atau ada beberapa surat keterangan pergantian E-KTP yang belum dinyatakan terdata atau penduduk yang non KTP - EL," kata Kepala Dukcapil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida kepada posbelitung.co, Jumat (22/6/2018).

Pelayanan ini, kata dia, buat melakukan pengecekan data pemilih, apabila terdapat pemilih yang salah nama atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak sesuai. Sebab seluruh database pemilih itu, dipegang oleh Dukcapil.

"Apabila terjadi ketidaksesuaian, kami yang melakukan klarifikasinya. Intinya jangan sampai tersandra hak pemilih mereka, karena permasalahan kesalahan data nanti," ucapnya.

Pelayanan tersebut, sepenuhnya ada di Dukcapil. Teknisnya apabila terjadi permasalahan di TPS, petugas TPS bisa mengontak petugas Dukcapil, sehingga petugas Dukcapil akan segera menuju lokasi TPS tersebut, atau sebaliknya.

"Yang bersangkutan datang langsung ke kantor kami. Tapi sesuai di surat edaran itu, jadwalnya hanya berlaku khusus dalam pemilihan itu saja. Diluar dari jadwal tidak kami layani," bebernya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved