Kenali Neurofibromatosis, Penyakit yang Akibatkan Tubuh Penderitanya Ditumbuhi Kutil

Neurofibromatosis merupakan penyakit kelainan kromosom yg bersifat autoimun yang dapat menyebabkan pertumbuhan pada sel

Kenali Neurofibromatosis, Penyakit yang Akibatkan Tubuh Penderitanya Ditumbuhi Kutil
Bangkapos/irakurniati
Dokter umum dan praktisi estetika, Wari Kartika sari 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dokter umum dan praktisi estetika, Wari Kartika sari mengatakan bintik-bintik merah yang menyebabkan timbulnya kutil pada seluruh tubuh disebut dengan penyakit neurpfibromatosis.

Neurofibromatosis merupakan penyakit kelainan kromosom yg bersifat autoimun yang dapat menyebabkan pertumbuhan pada sel maupun jaringan saraf.

Sehingga akan tampak benjolan tumor pada kulit dan dapat disertai deformitas tulang. Penyakit ini tidak tergolong pada penyakit yang dapat menyebabkan penularan, namun tidak bisa dicegah karena adanya kelainan pada kromosom.

" Gejala dapat timbul sejak lahir sampai kurang dari 10 tahun." kata Wari, Jumat (22/6/2018).

Penyakit ini umumnya tdk menimbulkan keluhan rasa nyeri, namun penderita seharusnya berobat saat benjolan semakin lama semakin banyak dan secara estetik sangat mengganggu terutama pada kaum wanita.

Tetapi pada beberapa penderita dapat juga disertai kelainan neurologis seperti nyeri.

Pada neurofibromatosis dapat dijumpai bintik-bintik kulit bewarna cokelat atau disebut "cafe d'au lait" di dada, punggung, pinggul, siku, dan lutut yg dapat dijumpai sejak lahir atau saat masih bayi.

Selain karena alasan kosmetik, penderita neurofibromatosis akan mengalami keluhan saat terjadi deformitas tulang belakang seperti tulang menjadi melengkung misalnya skoliosis atau kifosis.

Adanya kelainan bentuk tulang iga, pembesaran tulang panjang pada lengan dan tungkai serta kelaian tulang tengkorak dan di sekitar mata.

Apabila neurofibromatosis terjadi pada syaraf dikepala akan timbul keluhan pusing, kebutaan, tuli dan gangguan koordinasi.

Terapi penyembuhan neurofibromatosis ini belum ada yang terbaik, namun sejauh ini dapat dilakukan pembedahan dengan mengangkat setiap benjolan.

Selain itu dapat dilakukan terapi penyinaran namun belum dipastikan tingkat keberhasilannya. Juga melakukan kemoterapi dengan regimen 5FU atau fluorourasil.

Penyakit ini dialami oleh salah seorang warga Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka tengah. Diberitakan sebelumnya, ia mengaku tubuhnya bermula hanya timbul bintik-bintik merah.

Namun lama-kelamaan membesar hingga menyebabkan kutil yang menumbuhi seluruh tubuh dan menutupi wajahnya.(*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved