Biaya Perawatan Reza Saputra Masih Kurang, Relawan Kembali Buka Donasi

Donasi kepada Reza Saputra, bayi tujuh bulan asal Warga Desa Semulut, Kecamatan Parit Tiga, Bangka Barat terus mengalir.

Biaya Perawatan Reza Saputra Masih Kurang, Relawan Kembali Buka Donasi
Ist
Reza Saputra 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Donasi kepada Reza Saputra, bayi tujuh bulan asal Warga Desa Semulut, Kecamatan Parit Tiga, Bangka Barat terus mengalir. Hingga Senin (25/6/2018) jumlah donasi Reza mencapai Rp 200 juta.

Bayi yang menderita sakit liver ini memerlukan biaya yang sangat besar untuk pemulihan kesehatannya.

Diakui Esty selaku Koordinator Relawan dan Donasi Reza, dana yang terkumpul digunakan untuk mencukupi kebutuhan Reza baik medis dan non medis.

Dijelaskannya saat ini biaya medis Reza masih ditanggung BPJS selama masa menjalani perawatan Tim Medis RSCM untuk pemulihan tubuhnya.

Namun untuk biaya non medis digunakan untuk biaya kebutuhan hidup keluarga dan pendamping Reza di Jakarta.

Dalam hal ini Reza yang juga di advokasi Aliansi Pejuang Hati (APH) dibimbing hingga dinyatakan siap menjalani operasi transplantasi hati.

"Untuk orang tua Reza, Zulfikar dan Ani pun mendapat edukasi untuk merawat Reza. Kita juga meminta bantuan dari Tim Aliansi Pejuang Hati di Jakarta. Mereka ini memang khusus menangani pasien - pasien Atresia Bilier dari Pra hingga pasca operasi cangkok hati," jelas Esty.

Dia menilai biaya yang terkumpul saat ini masih banyak kekurangan. Pasalnya ketika Reza sudah diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan sebelum opersasi maka kebutuhan Reza benar - benar menjadi tanggungan pribadi.

Oleh karena itu, melihat keterbatasan kemampuan keluarga Reza maka ia bersama rekan-rekan relawan Reza masih membuka donasi yang dapat disalurkan ke rekening khusus Reza.

"Pihak RSCM sudah memperbolehkan Reza untuk menjalani rawat jalan maka semua kebutuhan Reza menjadi tanggungan pribadi," kata Esty.

Dia mengatakan, untuk saat ini Reza akan tinggal di Rumah Singgah Bangka Barat karena jarak dengan RSCM tidak begitu jauh.

"Untuk susu nutrisi khusus saja Reza harus mengkonsumsi 1 kaleng per hari dengan harga Rp 300.000 pekaleng. kebutuhan nutrisi tersebut diperlukan untuk memperbaiki kondisi tubuh Reza agar siap menjalani cangkok hati," jelas Esty.

Selain itu diperlukan biaya non medis untuk dilakukan screening yang tidak ditanggung BPJS dan biaya yang dirincikan itu diperlukan untuk 1x screening. Menurutnya ketika pendonor hati pertama gagal maka akan dilakukan screening kedua dan biaya dan kebutuhan calon pendonor pun dimulai dari awal.

Untuk itu saat ini sudah tersedia rekening khusus untuk Reza melalui rekening Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat dengan nomor rekening 14509000839 an. Donasi Untuk Reza.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved