DPD RI Harapkan Tingkat Partisipasi Pemilih Pilkada Meningkat

Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) harapkan adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkada di berbagai daerah

DPD RI Harapkan Tingkat Partisipasi Pemilih Pilkada Meningkat
Istimewa
Tiga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Provinsi Bangka Belitung, Hudarni Rani, Herry Erfian dan Bahar Buasan menggelar pertemuan dengan KPU Provinsi Bangka Belitung, Senin (25/6). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) harapkan adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkada di berbagai daerah yang akan berlangsung secara serentak pada esok, 27 Juni 2018.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komite I DPD RI, Hudarni Rani saat melakukan peninjauan distribusi logistik pilkada di Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Selasa, ( 27/6).

Hudarni mengatakan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkada sangat penting bagi pembangunan daerah, karena penentuan pemimpin daerah selama 5 tahun kemudian ditentukan oleh pilihan masyarakat di bilik suara.

"Tidak masalah mau memilih pemimpin yang mana, silahkan dipilih yang memang dapat dipercaya mengemban tugas. Asal jangan golput," Imbaunya.

Lebih lanjut Hudarni menjelaskan, tingkat partisipasi pemilih di Bangka Belitung masih kurang, yakni 59 persen jumlah pemilih.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain faktor cuaca yang menyebabkan masyarakat enggan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan jarak tempat tinggal dengan TPS yang terlalu jauh.

"Meski cuaca di Bangka Belitung kurang mendukung karena hujan, namun kita harapkan masyarakat untuk datang ke TPS, karena tingkat partisipasi ini akan meningkatkan kualitas masyarakat itu sendiri," tambahnya.

Selain itu, Hudarni juga meminta KPU dan Bawaslu untuk melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pilkada serantak, khususnya TPS yang masuk kategori rawan.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bangka, Zainuddin mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya sosialisasi kepada masyarakat agar mau datang ke TPS untuk memilih pada esok hari.

"Dari segi sosialisasi kita tidak kurang-kurang, sudah optimal. Semua tahapan yang dilakukan oleh petugas disertai dengan upaya mengajak masyarakat, sampai door to door," ujar Zainuddin.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corry Ikhsan menambahkan pihak akan secara marathon melakukan patroli di berbagai daerah untuk mencegah adanya kecurangan atau pelanggaran sehingga pilkada bisa berjalan dengan lancar dan aman.

"Intinya adalah kami berupaya melakukan pencegahan adanya kecurangan-kecurangan. Kami akan patroli sampai menjelang fajar. Kami juga sudah himbau masyarakat untuk hati-hati dengan money politic," jelasnya.

Hudarni Rani melakukan meninjau secara langsung proses pendistribusian logistik pemilu seperti tinta, surat suara, kotak-kotak suara dari kantor KPU Pangkal Pinang dan Kabupaten Bangka ke masing-masing TPS.

"Dari hasil tinjauan kedua lokasi ini, dapat disimpulkan kesiapannya sudah ok. Kita berharap besok semuanya berjalan dengan baik, tinggal partisipasi dari masyarakat. Kami anggota DPD RI, telah menyampaikan himbauan agar tidak golput. Tak eloklah kalau golput," ujar mantan Gubernur Bangka Belitung ini.(*)

Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help